Akhirnya Ban Tubeless Si Supri Harus Di Tambal Dengan Metode Tiptop

Hampir setahun si supri ini ban belakangnya pake ban tubeless, akhirnya harus nyerah dengan kerasnya jalanan. Ban belakang si supri yang pake tubeless kena paku lumayan besar, sehingga mau ga mau harus di tambal.




Susahnya nyari tambal ban tubeless di daerah Sukodono, harus membuat saya menuntun si supri lumayan jauh, sampe ngos-ngosan. Bukannya gak ada sih, cuman banyak yang tutup, apalagi daerah situ habis diguyur hujanSetelah menuntun sekitar 15 menitan, akhirnya ketemu tambal ban deket pom bensin Sukodono.

Setelah dilihat keadaanya sama si om tambal ban, saya ditanyai, mau ditambal dengan cara di tubeless dari luar pake cacing atau di tambal dari dalam?. Dapat pertanyaan seperti ini, jujur saya bingung sendiri, yang saya tau biasanya ditambal dengan cara ditubeless dari luar pake cacing. Nah sekarang kok malah ditawari nambal dari dalam.
 
sumber gambar: dari google 

Dari pertanyaan itu, saya tanya balik ke asisten om tambal bannya, emang bedanya apa? Dan biayanya berapa?. Oh ya yang nanya tadi itu ternyata si asisten om tambal ban. Setelah saya tanya seperti itu, si asisten bilang, kalo ditambal dari dalam, hasilnya permanen dan gak akan jebol tambalannya, sedangkan yang pake sistem di tubeless pake cacing itu hasilnya cuma sementara, sekitar 2 bulan pasti lepas lagi. Untuk biaya yang tambal dari dalam 50rb, kalo tambal tubeless biasa cuma 15rb.

Udah dapat jawaban, saya malah bingung, masalahnya saya juga ingin hasil yang permanen, tapi apa daya di dompet cuma ada uang 35rb, jadi saya putuskan di tambal dengan di tubeless pake cacing aja. Pertimbangan lainnya karena si vario yang  dipake istri saat ini, ban belakangnya juga pernah bocor dan di tambal dengan cara ditubeless dari luar, nyatanya udah 1 tahun lebih aman-aman ajah tuh ban si vario yang di pake nyonya. Mungkin juga awetnya tambalan si vario itu karena jarang dipake, rata-rata 5km perhari.

Setelah deal, akhirnya ban belakang si supri langsung di tusbol sama om tambal ban, dimasukilah lubang hasil tusbol itu dengan cacing. Setelah beres, si om tambal ban langsung test tuh hasilnya pake air sabun, ternyata, si cacing gak bisa menutup dengan baik di ban si supri, jadi masih ada angin yg keluar... hadeh... apes...

Menurut si om tambal ban, lubangnya terlalu besar, jadi harus di tambal dari dalam, lagian kalo di tubeless seperti tadi itu juga enggak bagus, soalnya kawat lapisan bannya pasti putus. Akhirnya saya tanya lagi sama si om tambal bannya, bukan si asisten, saya tanya berapa biaya tambal dari dalam? Jawabnya 40rb, beda dengan jawaban si asisten tadi yang bilang 50rb. Saya enggak langsung mengiyakan, karena saya agak lama mikirnya, lalu si om tambal ban bilang lagi, 40rb itu udah murah mas, garansi selamanya. Yang tadi aja saya tarik 70rb dan 80rb (sambil liatin salinan notanya). Tadi sebelum saya, emang ada 2 antrian. Satu mio dan satu lagi smash.

Setelah beberapa detik mikir, akhirnya saya putuskan untuk ban nya di tambal dari dalam. Sambil nunggu ban di lepas, saya cari atm terdekat, maunya sih cari atm BCA, tapi atm yang pertama saya temui adalah atm bank jatim yang ada di dalam halaman kantor kecamatan Sukodono, sekitar 200 meter dari tempat tambal ban. Saya putuskan aja ambil uang di situ walaupun harus kena biaya admin.

Sambil nunggu proses penambalan, saya browsing untuk cari tahu tambal ban tubeless dari dalam. Jujur saya masih ragu dan saya merasa kok kayak di modusin sama om tambal ban tersebut. Tapi ternyata emang beneran ada penambalan ban tubeless dari dalam, namanya sistem tip-top. Tiptop yang khusus untuk ban tubeless, bukan tiptop yang biasa cuman di tempel untuk ban dalam. Dan memang seharusnya penambalan ban tubeless itu dilakukan dari dalam dengan sistem tip-top tersebut, karena hasilnya yang pasti sangat kuat dan permanent. Untuk biaya tambal ban dengan sistem tip-top ini biasanya antara 50rb s/d 100rb.

Setelah baca artikel itu saya jadi tidak ragu lagi dan dapat ilmu dan pengetahuan baru. Untuk om tambal ban, maaf ya tadi sempat suudzon he.he.he..
 
sumber gambar: dari google

Setelah menunggu sekitar 45 menit, akhirnya selesai juga penambalannya. Oh ya kenapa tambal ban dengan sistem tip-top ini perlu waktu lama, karena prosesnya emang lama, mulai dari melepas ban, kemudian bagian yang lubang dibersihkan di sisi dalam ban pake gerinda, selanjutnya diolesi lem, setelah itu tempelin dengan tambalan ban, biasanya keluaran dari Rema Tip Top, setelah itu semua dilakukan, lanjut dipanaskan sekian derajat celsius, entah yang nambal ban si supri saya pake alat apa, yang jelas dikerjakan dibelakang mejanya beliau, dan kelihatan nyala warna kuning, mungkin lampu, mungkin juga api. Setelah dipanaskan, ternyata di kasih lem lagi dan dikasih lapisan lagi, enggak tau dikasih lapisan apa. Untuk lebih jelasnya silahkan saja cari infonya di google ya. Setelah ban terpasang di kaki si supri, saya pun dikasih nota. Oh ya semua transaksi di tempat tambal ban ini pasti dikasih nota, walaupun customer tidak minta.

Terakhir, si om tambal ban sedikit PD dan guyon, bahwa hasil tambalannya tidak akan jebol dan garansi sampe kiamat ha..ha..ha...

Kalo di lihat dari hasil tambalan ban nya, ternyata lobangnya besar bro, hampir sebesar jari kelingking saya, padahal awalnya enggak sebesar itu, mungkin habis di tusbol sama alat penusuk cacing, dan di lebarin lagi lobangnya sama si om tambal ban, jadinya keliatan besar, semoga aja sih awet beneran hasil tambalannya setidaknya 2 sampe 3 bulan kedepan, karena ada rencana saya ganti tuh bannya, soalnya udah keliatan retak-retak, nunggu ada rejeki lagi buat beli ban baru :)

Tapi Tuhan itu bener-bener maha adil dan pemurah yah, setelah tambal ban yang kena 40rb itu, malamnya ada yang datang kerumah untuk servisin laptop dan komputer, lumayan dapat 200rb, hari itu juga saya langsung dibalas Tuhan 5x lipat. Alhamdulillah, terima kasih atas rejeki yang Engkau berikan ya Allah.

7 comments:

  1. Mas, kalau ban mobil yang bunting / benjol bisa ditambal kayak gitu nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut saya, tambalan model ini lebih efektif, jika lobang nya tidak terlalu besar, misal kena paku.

      Kalo ban bunting, sepertinya area kerusakan ban lebih lebar. Jadinya kurang efektif. Ini menurut penilaian pribadi saya loh ya.

      Lebih tepatny ditanyakan ke tukang tambal ban aja, yang lebih ngerti gituan.

      Alhamdulillah sampai saat ini ban yg ditambal ini, masih awet, ga pernah bocor.
      Bahkan ga jadi ganti ban seperti rencana saya sebelumnya he..he..he...
      Bukan karena ga pernah bocor lagi. Tapi karena belum ada dananya :)

      Delete
    2. Mas Mun tanya Ban MobilAugust 21, 2015 at 3:04 PM

      Wahaha,,, malah ngirit donk ya :D

      Delete
  2. Walah luamyan mahal juga ya biayanya

    ReplyDelete
  3. Saya juga akhirnya tambal dari dalem mas tapi bukan pakai tip top melainkan pakai patch berupa karet seperti yang biasa dipakai cara bakar & kena 75ribu (ban mobil)

    ReplyDelete
  4. Sy daerah sarirogo, klo ban mobil bisa ga ya bengkelnya?

    ReplyDelete