Mengobati Nyeri Punggung Bawah (Tulang Ekor Belakang) Berdasarkan Pengalaman Pribadi

ILUSTRASI: Sumber gambar diatas klik disini

Saya coba share cara mengobati sakit atau nyeri punggung bagian bawah, posisi nyerinya sedikit diatas tulang ekor belakang tubuh kita, ini berdasarkan pengalaman pribadi saya loh ya......, Seumur-umur, saya sudah 3 kali merasakan sakit punggung bagian bawah ini, ke tiga-tiganya berlangsung dalam kurun waktu satu tahun.

Saya pertama kali mengalami sakit punggung ini sekitar awal bulan Juni 2012, kejadiannya waktu itu saya lagi nyuci motor, sehabis jongkok bersihkan roda motor, kemudian saya berdiri, ketika berdiri itulah saya merasakan sakit luar biasa pada bagian punggung bawah. Saya mengalami sakit punggung ini lebih dari 2 bulan, bener-bener sakit luar biasa dan menyiksa banget.




Dibuat naik turun tangga di kantor, terasa sakit, buat jalan mekeh-mekeh (mirip orang habis di sunat) he..he..he.. di buat duduk, rasanya sakit, apalagi habis duduk lalu berdiri, sakitnya luar biasa. Sakitnya terasa di bagian paling dalam tulang ekor belakang, dipijitpun seakan-akan tidak menyentuh titik sakitnya. Bangun tidur juga terasa sakit, habis tiduran sebentar di depan TV ketika bangun juga terasa sakit, di buat berwudhu juga sakit ketika harus membungkukkan badan, di buat sholat juga terasa sakit, apalagi di buat ruku' gak bisa lurus 90 derajat,  2 bulan lebih saya tersiksa dengan rasa sakit punggung ini.

Sudah tidak terhitung sudah berapa kali saya berobat, ke dokter, ke tukang pijat, ke tukang Sangkal Putung, atau beli obat seperti iklan di TV, semuanya tidak meberikan hasil yang maksimal, akhirnya saya hanya bisa pasrah, sambil tiap hari saya sempatkan berolah raga, walaupun cuma menggerakkan pinggang ke kiri dan ke kanan.

Bulan Ramadhan pun datang, saya agak sedikit was-was ketika harus sholat taraweh, karena ketika buat ruku' sakitnya luar biasa, akhirnya saya dan istri memutuskan taraweh sendiri di rumah, agar bisa mengatur ritme sholat teraweh. Disini, saya menjalankan taraweh 20 rakaat plus 3 witir. Awal sholat taraweh agak kesulitan untuk ruku', bahkan tangan saya tidak bisa menjangkau dengkul. Saat akan ruku' saya selalu agak memaksakan agar bisa membentuk 90 derajat. Lama-kelamaan, nyeri punggung saya jadi tidak terasa sakit, dan ketika ruku' saya sudah bisa nyaris sempurna, tangan pun sudah bisa menjangkau dengkul dengan sempurna, kalo gak salah waktu itu memasuki hari ke 10 bulan Ramadhan. Ternyata gerakan Ruku' itu bisa meringankan sakit punggung saya, bahkan menyembuhkan sakit punggung saya sama sekali, beberapa hari sebelum hari raya idul fitri. Sungguh luar biasa gerakan Ruku' dalam sholat ini. Ini bukti bahwa Allah SWT Maha Besar.
Gerakan Ruku'. Gambar diambil dari sini

Tentu saja saya melakukan terapi lain, tapi bukan ke dokter atau ke tukang pijat apalagi mengkonsumsi obat-obatan seperti di iklan TV karena saya tidak merasakan efeknya. Yang saya lakukan adalah SIT UP setiap hari, terutama ketika bangun tidur, bahkan sebelum tidur. Awalnya juga susah, tapi lama-kelamaan juga terasa ringan, sakit punggung pun berkurang. Saya melakukan SIT UP dengan di bantu istri, istri saya duduk di kedua kaki, lalu tangan saya di tarik istri saya, soalnya kalo tangan saya tidak di tarik, saya hanya kuat angkat kepala saja he..he..he... untuk SIT UP yang saya lakukan ini, kedua kaki harus lurus, bukan di tekuk seperti kebanyakan SIT UP.
Gerakan Sit Up Dengan Kaki Lurus




Terapi lainnya, ketika di kantor saya tidak duduk lama-lama, sekitar 10-15 menit saya selalu berdiri dari tempat duduk untuk sekadar menggerakan pinggang ke kanan dan ke kiri, saya juga sering-sering ke kamar mandi, untuk melakukan "ritual" ruku' , kenapa harus ke kamar mandi? soalnya malu diliat temen kantor he..he..he.... saya melakukan berkali-kali.

Alhamdulillah, beberapa hari sebelum hari raya, saya sembuh total dari sakit punggung yang sangat akut ini. Sakit yang menghabiskan beberapa juta tabungan saya :) . Sekali ke dokter 200rb, belum obatnya yang mencapai 400rb-an, belum lagi terapi pijat dan ke sangkal putung di Pasuruan dan di Kediri. Ternyata obatnya ada di gerakan sholat kita.

Sakit punggung ke dua, saya alami sekitar bulan Februari 2013, kali ini sakitnya berlangsung ga sampai 2 minggu, mungkin sekitar 10 hari. Kejadiannya, waktu itu ada maintenance rutin, untuk infrastuktur IT di salah satu client yang ada di Ngagel Surabaya. Ketika saya angkat sebuah PC rakitan yang ringan untuk dibersihkan dalamnya, tiba-tiba saja seperti ada bunyi di punggung bagian bawah. Saya sempat berpikir, jangan-jangan sakit punggung lagi nih. Bener saja, saya mengalami sakit punggung kembali.

Berdasarkan pengalaman pertama, saya selalu berolah raga tiap hari seperti gerakan ruku' dalam sholat, serta melakukan SIT UP berkali-kali baik dirumah maupun di kantor. Tetapi selain berolahraga seperti itu, ketika berangkat kerja, saya olesi punggung bagian bawah saya dengan minyak gosok GPU nya caplang (bukan promosi loh ya...) saya hanya mengolesi tanpa dipijat, soalnya kalo di pijat efek rasa panasnya hilang, tapi kalo hanya di olesi, panasnya luar biasa yang saya rasakan, lumayan bisa meringankan sakit punggung dalam perjalanan kerja dengan naik motor selama 1 jam lebih.

Sakit punggung yang ke tiga, saya alami sekitar bulan Juni 2013, kejadiannya waktu mengangkat spring bed untuk di jemur, spring bed di kamar saya, emang saya letakkan di lantai tanpa dipan. Kali ini sakitnya berlangsung kurang lebih 2 Minggu saja, jadi sebelum bulan Ramadhan sakit punggung saya sudah sembuh total, jadinya bisa ikut sholat taraweh full di masjid. Untuk pengobatannya, sama dengan kejadian yang pertama dan kedua, tanpa obat-obatan sama sekali, hanya beberapa kali dipijit pake minyak gosok GPU saja.

Itulah beberapa "obat" untuk mengobati sakit punggung berdasarkan pengalaman pribadi saya. Yang penting dalam mengobati sakit punggung ini, jangan malas, apalagi malas bergerak atau olah raga, jangan duduk terlalu lama, juga jangan tidur terlentang, coba tidur dengan memiringkan tubuh. Jangan tergiur obat-obat yang di iklankan di TV he..he..he...

Dalam rentang waktu satu tahun saya sudah 3 kali sakit punggung bagian bawah, semoga saja kedepannya tidak mengalami sakit punggung ini kembali, kalau dilihat dari penyebab sakitnya, hanya sepele, saya tidak mengangkat beban berat, mungkin hanya karena posisi badan yang salah saja ketika saya lagi nyuci motor, angkat PC maupun angkat springbed. Mungkin juga pola hidup dan makan saya yang tidak sehat, dan kurang berolahraga. Sebelumnya saya memang tiap pagi selalu jalan-jalan untuk olahraga pagi setiap hari, tapi setelah pertengahan tahun 2012 saya tidak pernah jalan pagi lagi, karena waktu yang mepet dengan waktu berangkat kerja.

Tidak ada cara instan atau sulapan untuk menyembuhkan sakit punggung ini, lakukan saja olahraga seperti gerakan Ruku' dan SIT UP, lakukan tiap hari, sakit punggung ini memang sakitnya luar biasa, seakan-akan kaki kita menahan beban berat tubuh kita, mungkin emang seperti itu karena otot kita kaku karena kurang olahraga.

42 comments:

  1. Alhamdulillah ilmunya kang, akan saya coba soalnya saya juga mengalaminya mudahan aja ini berhasil dengan ijin ALLAH.SWT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah berhasil gan, jangan pernah menyerah untuk berusaha, memang tidak bisa instant 1-2 hari sembuh, bisa mingguan baru sembuh, yang penting di telateni saja.

      Delete
  2. Terimakasih atas info nya saya nyeri pd tlang belakangan ini sdh lama. Akan saya coba tipenya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kembali gan, semoga berhasil terapinya....

      Delete
  3. Trima kasih mas infonya, sy jg sering kena penyakit ini,, muda2han Allah bisa mengankat penyakit saya ini... AMin

    ReplyDelete
  4. banyak yang kesulitan dalam menangani hal ini, sangat bermanfaat buat banyak orang

    ReplyDelete
  5. .....trimakasih sdh mau share.....saya share lagi ya....krn saya juga sering kambuh.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kalo mau di share lagi.
      saya, sampai dengan detik ini udah ga pernah kambuh lagi.

      Delete
  6. Trimakasih...............smoga bermanfaat, sebagai obat alami,,,,,,

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah..saya setuju sekali, karena saat ini sedang sakit punggung dan dengan ruku' sempurna itu meredakan sakitnya. Tinggal menjaga posisi tubuh dan selalu peregangan supaya serangan itu tidak datang lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener tuh, harus selalu peregangan, ketika terasa seperti mau sakit punggung walaupun terasa sedikit, sebaiknya segera melakukan peregangan, bisa cuma menggerakkan tubuh atau olah raga.

      karena kalo sampe dibiarkan, sakit punggung akan kambuh lagi.

      Delete
  8. Terimakasih sudah berbagi mbak..
    Bulan ramadhan th 2014 saya jg merasakan sakit yg sama, ternyata sangat ampuh dengan gerakan rukuk saat teraweh.
    Namun 2 bulan kemudian kambuh lagi, dngan gerakan sholat akhirnya hilang jg.
    Tapi 3 bulan kemudian petaka bagi saya mbak, ketika bangun tidur saya merasakan sakit yg luar biasa, jalan susah, duduk lama pun sakit.
    Akhirnya 1 bulan kemudian saya ke dokter ahli syaraf, sesudah 1 bulan minum obat dari dokter tidak ada perubahan, sakit nya masih luar biasa, lalu dokter nyuruh saya scan MRI, setelah hasilnya keluar, ternyata di lumbal L5-L4 saya yg kena, artinya saya terkena HNP/ syaraf terjepit. Dan dokter menyuruh saya untuk operasi..tapi banyak yg nyaranin agar tidak operasi karena bisa beresiko lumpuh permanen...ngeri dengernya..dan akhirnya saya putuskan untuk cari pengobatan alternatif. Sudah berobat kemana2 tidak ada perubahan..hingga sudah 6 bulan saya belum sembuh juga..

    Mohon solusinya mbak, untuk gerakan sholat aja sudah susah, apa lagi rukuk :(
    Bagi yg sakitnya sama seperti saya, mohon saling berbagi ya.. Hehe
    Semoga kita semua diberi kesembuhan..Aamiin ya rob.....
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo emang sampe separah itu, mungkin emang harus di operasi gan.
      hal seperti tiu, dokter yang lebih tau.

      kalo untuk alternatif, sebenernya saya tidak pernah percaya hal seperti itu, walaupun banyak yang merasakan manfaatnya setelah pergi ke alternatif, apalagi yang pakai jampi-jampi serta bantuan jin dan jun.
      saya terpaksa ke alternatif, karena terus-terusan dipaksa sama istri dan orang tua. ya, itung-itung menyenangkan orang-orang terdekat saya he..he..he...

      saya lebih percaya ke Sunnatullah.
      Kalo sakit ya minum obat,
      kalo sakitnya parah dan harus operasi, ya harus operasi.
      saya mah gitu orangnya he..he..he...

      Delete
    2. @David chan., keluhannya sama dg yg saya alami, coba di'fisiotraphy., mengurangi rasa sakit yg ditimbulkan (sya fisiotraphy di Rs. Dr Soetomo..) Utk lebih jelas., coba cari Dr. Bambang RSAL bag. Tulang belakang (praktek Sore). Saran saya, jgn keburu dioperasi dulu., kemungkinan keberhasilan 50:50 (sembuh total / terjadi kelumpuhan permanen) krn menyangkut saraf. Semoga bisa membantu...

      Delete
  9. Sakitnya minta ampun

    Maklu saya supir

    ReplyDelete
    Replies
    1. sakitnya tuh disini (nunjuk atas pantat)

      kebanyakan sopir emang ngalamin sakit punggung ini. apalagi sopir yg bawa galon diperutnya (perut buncit) he..he..he.... pasti lebih sering sakit punggung

      Delete
    2. Apa lagi saya seorang supir bis antar propinsi

      Delete
  10. Makasih kang ane udh sembuh nih Thx
    Dan enggak lupa pada allah SWT

    ReplyDelete
  11. Ayo cegah penyakit degenaratif dengan makan yang bergizi dan herbal bawang daya, daun afrika, temulawak dll. Terbukti herbal lebih murah dan hasilnya jauh lebih baik dr obat kimia. Hub kami chasiapro@gmail.com

    ReplyDelete
  12. Sangat informatif sekali bang, saya sudah dua tahun ini merasakan hal yang sama akibat angkat berat dengan jongkok, dan hasil poto roxgen tulang belakang saya agak geser kedepan , sama dokter dianjurkan untuk melatih dengan posisi rukuk, dan hingga saat ini masih terasa apalagi kalau tidur di kasur , sehingga selama ini saya tidur di lantai , akan saya coba untuk sit upnya, trimaksih infonya sukses buat abang

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 tahun tersiksa baget ya bang,
      alhamdulillah, sampai saat ini sakit punggung ini ga pernah kambu lagi.
      semoga cepat sembuh bang.
      tetap semnagat dan jangan menyerah ya...

      Delete
  13. Operasi...ayah sy prnh lumpuh gara2 saraf kecepit. dokter sdh nyuruh ttd ibu sy utk operasi ke RSAD Gatot Soebroto Jakarta. Tp Alhmdllh tdk jd, di beritahu orang ada ahli saraf..ternyata dibawa kesitu keadaan lumpuh. Skl di pijat, orangnya blg sanggup. Akhirnya di terapy dan skrg sembuh total. Awalnya ikut turnanen sepakbola antar instansi dan jatuh dlm posisi duduk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mohon petunjuk, Terapinya dimana ya pak/bu, kakak saya sekarang udah kira" 3 bulan gak bisa jalan, berobat kmana" nlm sembuh, mohon petunjuk,,! Ini email saya . Mayla.fuadah@gmail.com. makasih sebelumnya,,

      Delete
    2. Maaf mohon petunjuk, Terapinya dimana ya pak/bu, kakak saya sekarang udah kira" 3 bulan gak bisa jalan, berobat kmana" nlm sembuh, mohon petunjuk,,! Ini email saya . Mayla.fuadah@gmail.com. makasih sebelumnya,,

      Delete
  14. Terimakasih kang iron.sangat bermanfaat.semoga semua yg sakit pinggang bisa sembuh dgn cara ini.termasuk saya yg sedang ngalaminya.

    ReplyDelete
  15. Terimakasih kang iron.sangat bermanfaat.semoga semua yg sakit pinggang bisa sembuh dgn cara ini.termasuk saya yg sedang ngalaminya.

    ReplyDelete
  16. saya sedang mengalami sakit ini sudah 2 minggu...sakit sekali ktika akan tidur...

    ReplyDelete
  17. salah satu terapi untuk Low Back Pain adalah menggunakan korset lumbal. penggunan korset lumbal sebenarnya hanya untuk membantu percepatan penyembuhan karena terapi. bila terapi tidak dijalankan ya korset lumbal hanya berguna untuk memberikan support pada punggung supaya beban pungung tidak berlebihan. semuanya harus saling melengkapi untuk memberikan hasil yang maksimal.

    ReplyDelete
  18. nice infoo ^_^
    mengenai nyeri punggung bawah yang diakibatkan pekerjaan lebih dalam bisa mengunjungi
    https://alvinexpress.wordpress.com/2016/02/14/nyeri-punggung-bawah-mechanical-low-back-pain/

    ReplyDelete
  19. Terima kasih banyak atas infonya... Saya mengalami sakit dekat tulang ekor ini, krn kelamaan duduk :-( saya sendiri punya penyakit peradangan sendi yg buat saya gak bs berdiri lama dan harus slalu kontrol ke rs. Mulai sakitnya semenjak slalu duduk antri d rs dlm waktu lama setiap kali kontrol... Hiks. Mw sembuh, mlh dtg sakit yg lain... Smoga terapi sholat ini in sya Allah bs menyembuhkan saya..
    Jzklh atas infonya yaaa... ^-^

    ReplyDelete
  20. Terima kasih banyak atas infonya... Saya mengalami sakit dekat tulang ekor ini, krn kelamaan duduk :-( saya sendiri punya penyakit peradangan sendi yg buat saya gak bs berdiri lama dan harus slalu kontrol ke rs. Mulai sakitnya semenjak slalu duduk antri d rs dlm waktu lama setiap kali kontrol... Hiks. Mw sembuh, mlh dtg sakit yg lain... Smoga terapi sholat ini in sya Allah bs menyembuhkan saya..
    Jzklh atas infonya yaaa... ^-^

    ReplyDelete
  21. Sangat setuju sekali dengan penjelasan artikel diatas.
    Kebetulan saya juga pernah mengalami hal yang sama, dan Alhamdulillah sembuh dengan memaksakan rasa sakit ketika ruku. Hasilnya rasa sakit agak menghilang, kemudian ditambah dengan senam2 ringan yg pernah dilakukan ketika duduk dibangku sekolah.

    Senam2 yang dilakukan saat sekolah, sangat bermanfaat dengan dibantu dari gerakan sholat.

    Alhamdulillah sakit pinggang saya tidak sampai itungan minggu.

    Sekali lagi, artikel diatas benar2 sama dengan kejadian yang saya alami. Saya menemukan artikel ini kebetulan sudah dalam kondisi sembuh. Hanya bisa senyum2 saja membaca ceritanya, karena sangat persis sekali dengan yg saya alami.

    Barokalloh.

    ReplyDelete
  22. Iya, saya pernah ngalamin. Tip dan triknya bener 100%. Nambahin dikit, tiap pagi dan malem harus melakukan pemanasan. Kata dokter streching. gerakan tangan, kaki, kaya senam aerobik gt. Sampai teman kost ngasih label nama ke aku Miss Streching, karena saya rutin melakukan gerakan2 untuk streching. Coba juga dengan lari pagi, ga usah lama2 10 menit atau 15 menit cukup di sambung dengan jalan santai 10 menit. Lakukan seminggu 2x kalau sempet, kalau ga sempet 1x juga ok.
    Insya allah sembuh, aamiin.

    ReplyDelete
  23. Maaf numpang nanya.... Bapak saya merasakan nyeri di tulang ekor. Untuk bangun dari tidur rasanya susah karena nyeri. Tapi bisa bangun walaupun pegangan ke tembok atau benda terdekat. Bapak saya tidak pernah jatuh terduduk atau trauma. Sakitnya datang tiba2 ini baru2 saja. Tolong solusinya pak/bu saya panik

    ReplyDelete
  24. Saya sedang mengalami dah hampir 2 minggu lebih.. kebetulan kondisi saya lagi hamil.. bingung bangt mau minum obat macam2.. diurut juga takut kena debaynya..

    Berkat saran bapa.. untuk sit up.. saya sudah lakukan, dan alhamdulillah dah agak ringan sekarang.. Trima kasih atas share pengalamannya ya pak..

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillah.. Kasusnya sama dengan saya. Baru2 ini saya mengalami sakit pinggang yang posisi nyerinya sprti ada didalam. Ini merupakan kambuhan dari sakit serupa saya sekitar tahun 2009an. Namun yang saya rasakan yang kedua ini jauh lebih sakit dari kss serupa yang pertama.
    Biidznillah sekarang sudah aman dan saya baru membaca kasus agan. menginspirasi sekali, karena saya pun menggunakan shalat sebagai terapi penyembuhan.
    Awal kss memang saya tidak bisa berdiri, bahkan shalat saya lakukan sambil tidur, berwudhu saya dibantu teman.
    Lalu setelah dilakukan terapi urut tradisional biidznillah bisa berdiri dan melakukan aktivitas, namun masih dengan kondisi punggung kaku. jalan sprti layaknya seorang tua (sedikit membungkuk). Kondisi ini kalo saya melakukan posisi duduk lama maka punggung lebih terasa kaku. namun ada yang luar biasa adalah apabila saya selesai shalat, maka posisi rukuk dan sujud secara sempurna selalu saya rasakan mengurangi rasa berat pada punggung. dan dimanapun saya bisa melakukan rukuk dan sujud, maka akan saya lakukan (lebih sering sujud, karena posisi sujud menempatkan punggung pada posisi paling sempurna menurut ahli). lalu sejalan waktu sekira 2 minggu saya tambah dengan melakukan posisi khayang. tentu bukan dari atas, namun dari posisi berbaring lalu punggung diangkat dan tubuh bertumpu pada kaki dan tangan. rasakan tekanan pada punggung bagian bawah. Demikian saya sekedar berbagi pengalaman. Semoga bisa menjadi keyakinan pada teman2 yang menghadapi kss serupa.
    1 lagi, jika memang yakin maka silahkan selain dengan pengobatan dari ahli (entah dokter atau therapist) dianjurkan dengan sedekah, karena dari Hadist yang diriwayatkan oleh Ulama mengatakan nash dari Rasulullah sallallahu a'laihi wassalaam untuk mengobati sakit dengan sedekah.
    Demikian terima kasih

    ReplyDelete
  26. Berguna banget artikel ini, terimakasih infonya. Saya 24th
    Terkena sakit punggung bagian bawah ketika hendak mengangkat barang dengan posisi ruku. Berjalan susah, tidur pun susah nyeri sangat punggung ketika untuk beraktifitas.

    ReplyDelete