Pengalaman Ganti Ban Di Planet Ban

Gak terasa 1.5 tahun lebih Vario Pink ini menemaniku dalam suka dan duka, dalam panas dan hujan, dalam keberuntungan dan kesialan. Ya terasa sial ketika ban bocor kena paku. sudah 4 kali Ban motor vario ini bocor, 2 kena paku dan 2 karena bocor dengan sendirinya. Mungkin ban bocor dengan sendirinya ini di akibatkan oleh kondisi ban yang sudah gundul. Wah waktunya ganti ban nih. Tunggu gajian dulu deh baru ganti ban.




Setelah menerima gajian bulan ini dari kantor, saya menyisihkan sedikit buat ganti ban belakang vario yang sudah gundul ini. Cari referensi ban apa yang cocok dari berbagai sumber, akhirnya di putuskan pake ban tubeless. Dengan pertimbangan agar ketika ban kena paku tidak langsung kempes. Pernah suatu saat, ketika pulang kerja lewat jalanan tuang / bulak atau sejenisnya (jalanan yang hanya dikelilingi sawah saja tanpa ada perkampungan) tiba-tiba sepeda motor terasa oleng, walaupun cuma oleng pelan, saya putuskan untuk berhenti cek kondisi ban, ternyata benar ban bagian belakang kempes, setelah dicek dengan teliti, ternyata terkena paku. Sialan nih, di tengah-tengah tuang ban cocor, jauh dari perkampungan lagi, apalagi sudah maghrib, alamat jadi nuntun tuh motor sejauh kurang lebih 1 km untuk mencari tambal ban, lumayan ngos-ngosan juga.

Berangkat dari masalah itu, maka saya putuskan ganti aja ban belakang dengan ban tubeless. Dengan banyaknya bengkel yang ada sekarang sepertinya tidak susah untuk ganti ban tubeless di bengkel, tapi saya lebih memilih mencoba ganti ban di Planet Ban. Di iming-imingi promo ban tubeless matic untuk belakang dengan harga Rp.120.000,- jadi tertarik pengen mampir ke salah satu gerai planet ban yang ada di daerah Darmo Indah Barat Surabaya. Spanduk yang terpampang sangat jelas di semua gerai Planet Ban itu bener-bener seperti promo yang menggiurkan.

Sampai di gerai Planet Ban Darmo Indah Surabaya, saya tidak langsung masuk, tapi lihat-lihat dulu promo seperti yang tertulis di spanduk itu, dan kebetulan di depan toko di pajang contoh ban yang dipromosikan. Ternyata ban tubeless belakang untuk matic yang seharga Rp.120.000,- adalah ukuran 80/90-14 merek Corsa S01. Kok ukuran 80/90 ya?, padahal ban belakang si vario ini kan 90/90-14.

Akhirnya saya masuk ke dalam dan melihat beberapa contoh ban yang di pajang dirak yang ditata dengan rapi.




Saya mencari ukuran 90/90-14, cuma ada dua saja yaitu merek Corsa dengan harga Rp.163.000,- dan merek Michelin Rp.249.000,-. Padahal saya mencari yang merek Federal tapi gak ada, jadinya terpaksa beli Corsa S01 90/90-14 plus tutup pentil Rp.7.000,- jadi total habis Rp.170.000,-

Sedangkan untuk ban biasa atau TubeTyre merek FDR Flemmo dengan ukuran 90/90-14 di banderol dengan harga Rp.153.000,-, untuk ban dalam nya sendiri saya gak cek harganya, karena dari awal emang niatnya ganti ban tubeless.

Setelah bayar dikasir, saya harus antri, karena hari itu ada sekitar 3-4 motor juga yang antri di ganti bannya. Ketika mengantri itu saya lihat proses ganti bannya lumayan cepet, karena di kerjakan dengan mesin, sehingga tidak membuat peleg roda lecet. Setelah ban selesai diganti, kemudian di isi dengan Nitrogen yang konon katanya bisa bikin ban awet ban dan hemat BBM, untuk yang ini saya belum pernah membuktikannya sendiri.

Kalo di estimasi dari pelepasan roda, ganti ban, isi nitrogen dan pasang roda kembali memerlukan waktu sekitar 10 - 15 menit, lumayan cepet lah. Sebenernya untuk harga ban tubeless Corsa S01 ukuran 90/90-14 di Planet Ban lebih mahal daripada di tempat lain, di tempat lain bisa Rp.140.000,- s/d Rp.145.000,- (ini setelah saya cari info di internet) jadi lebih mahal sekitar Rp.20.000,- an. Tapi di Planet Ban gratis biaya pasang dengan mesin dan gratis isi nitrogen selama satu tahun. Bagi saya pribadi tidak apa-apa lebih mahal yang penting pelayanannya memuaskan. Dan yang lebih penting lagi semoga bannya bener-bener awet dan gak mudah melembung atau bunting seperti banyak isu yang beredar di masyarakat selama ini yang menganggap ban Corsa adalah ban Murahan dan mudah bunting.

Alamat Planet Ban Darmo Indah Barat ini bisa di lihat di website resminya Planet Ban, silakan klik disini

Harga terbaru ban di planet ban, bisa di liat dipostingan saya yang lainnya, klik saja disini

84 comments:

  1. bagus ulasannya, bengkelnya bersih, bagus.

    ReplyDelete
  2. saya membeli M ONE di planet ban lenteng agung, pada saat pemasangan saya dikenakan biaya pekerjaan sebesar Rp 5.000,- / ban, tetapi kawan saya di planet ban cibubur tidak di kenakan biaya pekerjaan, saya jadi bingung dengan managemen planet ban.


    Terima kasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Tri Suwartanto coba adukan saja ke manajemen planet ban lenteng agung maupun cibubur, atau melalui web resmi planet ban.
      karena itu adalah permainan oknum2 di sana aja.

      Delete
    2. sepertinya pelayanan di planet ban lenteng agung tidak bagus karena saya baru baca di kaskus,salah satu kaskuser merasa kecewa dengan pelayan disana.

      Delete
    3. Sdh 2 planet ban yg sy kunjungi emg pelayanannya kurang ramah adapun sy beli ban disana dgn perasaan terpkasa.padahal wkt itu sy cm minta tambah nitrogen ato mau ganti oli,kebetulan oli nya tdk ada mereka lgsung pergi.Sy sdh mengadukannya tp katanya "emg orngnya begitu".WOW sifat orng sprti itu kok di terima kerja,msh banyak orang yg mau kerja dengan sifat yg ramah kepada orng

      Delete
    4. sepertinya pelayanan planet ban sekarang tidak memuaskan lagi, beberapa hari yang lalu saya juga ke planet ban untuk cek harga, ternyata beberapa item produk ban, accu, rantai dan kampas rem banyak yang kosong, padahal sejatinya ane mau ganti ban juga dan kampas rem. untuk staffnya sekarang juga kurang bergairah dan semangat dalam melayani customer, tidak seperti pengalaman saya yang pertama ke planet ban dulu.

      Delete
  3. corsa ban kalo untuk mio jelek bos,,nyawa jadi taruhan lebih baik bayar lebih mahal sedikt yang penting safety

    ReplyDelete
  4. Terima kasih sudah mampir dan great testimoni...
    berimbang...

    ReplyDelete
  5. Corsa mantabs kok...bolak balik ke kota semarang ok..padahal cuaca panas..udh 5 kali sob...dri motor baru 2011 ampe skrng blm ganti....ngga mlembung tuch...corsa paslah sama kantong gw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah punya saya juga masih aman-aman aja, tiap hari buat perjalanan kerja PP menempuh jarak lebih dari 60 KM, semoga aja, awet, karena sebentar lagi juga mau ganti ban depan :)

      Delete
  6. FDR bukan Federal, setau ane...

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanx atas koreksinya, soalnya waktu itu nanya di bengkel yang jual toko ban, waktu nyari ban federal, saya yang jual di yunjukin merek FDR, katanya sama aja :)

      Delete
    2. Betul, FDR bukan Federal.
      FDR grup dari Astra juga. Pabrik FDR dan Federal sama.
      untuk OEM Ban Motor (Pabrikan) dikasih judul Federal, sementara untuk after market dijual dengan nama FDR.
      kira2 seperti begitu.

      Delete
  7. mantap reviewnya, saya baru ganti ban corsa juga, memang kurang paham sama merk ban tubeless, soalnya ban yg lama udah ga enak banget

    ReplyDelete
  8. Ane brusan tadi jg ganti ban d planetban , ane nyoba pake fdr soalna dulu pake crza, bocorna gedhe padahal kondisi ban masih jauh dari kata gundul.

    ReplyDelete
  9. kalo mau lebih bagus lagi pake ban merek michelin, ban lebih awet, nyaman dan safty di gunakan. meskipun harganya lebih mahal di bandingkan dengan merek ban lokal yg ada michelin d kelasnya adalah ban yang paling murah untuk sekelas impor. buktikan sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Gan..
      Saya juga pakai untuk ban depan new mega pro 2011.
      aman dan cengkraman mantap saat jalanan kering, basah maupun hujan. materialnya terbuat dari soft-compound tapi gk mudah habis/terkikis seperti batlax-nya bridgestone.

      Selamat mencoba...

      Delete
  10. Jadi yang bgus mana nih gan???
    Ane jdi bingung mau gnti ban.

    ReplyDelete
  11. Kalo mau yang bagus. Pilih batlax aja gan, produk dari bridgestone. Tp selama ini ane pribadi 2 kali pake corsa. Baik2 aja gan. Dan belum ada keluhan apapun

    ReplyDelete
  12. Lumayan memuaskan lah pelayanannya. Saya d jelasin perbedaan ban lokal dengan import. Saya sendiri pake ban pilot sporty dari michellin ukuran 90/80-17 buat ban belakang, maklum jarak rumah - kampus 30 kilo lebih pp.. Enak lah di jalan lebih berasa ngegrip bannya..

    ReplyDelete
  13. Corsanya udah satu tahun lebih ya, skrg gmn bannya apa masih ok ok aja?

    ReplyDelete
  14. Masih bagus tuh gan ban corsanya
    karena vario ini sekarang di pake istri buat nganter anak kesekolah aja
    jadinya ya bannya tetep awe gak cepet gundul :)

    ReplyDelete
  15. Mohon saran nih gan, motor ane jupiter MX 2007, mau ganti tubeless depan blakang, ukuran yg dipake skr dpn 80/80, belakang 110/70, nah kira" merek apa yang oke untuk segala kondisi/awet dan harga tidak lebih dari 200rb untuk ban belakang nya ? thanks ya gan :)

    ReplyDelete
  16. kalo yang gak lebih dari 200rb, ya merek corsa gan, atau FDR... kalo merek michelin biasanya 225rb

    ReplyDelete
  17. Corsa S-123 bagus untuk segala kondisi gan? itu under 200rb untuk size 110/70-17?

    ReplyDelete
  18. Motor tiger ban belakang tubless untuk ukuran paLing besar berapa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh maaf gan, ane gak tau, cuman punya bebek aja :)

      Delete
  19. kalo untuk yamaha GT 125 ban tubeles ukuran brp Gan..soalnya ukuran aslinya dpn 70/90 blkg 90/80 mau tak ganti lebih besar dikit gan..

    ReplyDelete
  20. Mas klo untuk scorpio yg pakek velg byson enak pakek ban apa ya,masalah-nya klo tubeless saya g begitu paham, terima kasih.

    ReplyDelete
  21. kalau saya ingin buka waralaba untukusaha ban spt ini, apakah ada referensi dan bagaimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek info nya disini gan http://planetban.com/kerjasama

      Delete
  22. planet ban caman....memberikan kejadian paling buruk & menjengkelkan buat saya....

    ban depan saya rusak ( benjol ) sehingga ingin mengganti dengan ban tubeless ( ban belakang sudah ganti tubeless d planet ban yg sama )

    manset velg di bilang kosong...sudah beberapa kali....selalu jawaban yang sama....manset nya gk ada

    akhirnya....saya beli manset velg melalui media online. setelah kiriman manset datang...saya ke planet ban, caman - jatibening, bekasi 17412

    ternyata...mereka ( karyawan planet ban ) tidak mau mengganti ban saya...dengan alasan manset dibeli bukan di planet ban

    dengan kesal & dongkol saya tinggalkan planet ban....dan berjanji tidak akan pernah kembali ke planet ban lagi

    padahal...2 motor saya sudah mengganti ban d toko tersebut. ternyata...kepuasan & pelayanan terhadap pelanggan...tidak saya temui d planet ban

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya planet ban makin lama, makin sering dikomplain masalah pelayanan.
      Kalo menurut ane, harusnya gak masalah cuman bantu pasang manset, toh ban nya juga beli disitu.

      Delete
  23. kemarin saya juga beli di planet ban, merk michelin untuk vario. pelayanannya over all bagus tp emang agak kurang memuaskan.

    ReplyDelete
  24. ane pake corsa kurang puas gan. baru 1-1,5 tahun udah dua kali gan ti ban. dan akhirnya ane ganti michelin pilot street. emang lebih mahal tapi kwalitasnya memuaskan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi ane merasa pake corsa cukup puas gan, motor dipake perjalanan 60km tiap hari masih terasa ok ban nya.

      thanx gan infonya, mungkin ke depan ane coba pake michelin,

      Delete
  25. Gak percaya ah dengan Corsa Bro, ane ganti baru jg stngh taon ban botaknya gak rata dan mudah pecah2! Gak lagi2 ah pake Corsa, cukup sekian terima kasih pake Corsa lg!

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kedepannya ane coba merek lain gan... tapi untuk corsa saat ini yang ane pakai, sepertinya lumayan awet :) udah 1,5 tahun

      Delete
    2. betul boss, ban ane umurnya juga gak sampe setahun dengan jarak tempuh 60 km an per harinya

      Delete
  26. Saya pakai corsa ukuran 110 ban belakang megapro 2008. Ban tsb 4 tahun Belum pernah bocor. Belum pernah Tambah angin. Pemakaian 10km tiap hari. Semarang -solo 1 bulan sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo corsa di vario ane ini, pernah sekali bocor bannya, kena jarum jahit, terus pernah sekali juga pentilnya bocor...
      jadi selama 1,5 tahun ini udah bocor 1x dan ganti pentil 1x

      Delete
  27. Kalau masalah keawetan ban.. sebenarnya tergantung dari pemakaian juga. Mau ban impor mau ban lokal kalo bawa motornya "barbar" pasti cepat rusak gan. Jadi berkendaralah dengan baik supaya ban motor jg awet. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang banyak faktor gan, kondisi jalan, beban penumpang, cuaca juga mempengaruhi....

      Delete
  28. merk bengkelnya dah terkenal sih, jadi wajar juga agak mahal, namun dari sisi pelayanan sip juga, itu kadang yang menjadi prioritas user

    ReplyDelete
  29. sepertinya, belakangan ini banyak yang mengeluhkan pelayanan dari planet ban ya....

    kemarin temen ane juga ngalami yang seperti agan sampaikan di kaskus itu...
    karyawan kurang tanggap, bahkan enggak responsif sama sekali....
    ditanya ukuran, atau saran, cuek bebek, jawab hanya sekata dua kata.....
    jadinya temen ane harus ambil keputusan sendiri, bayar, pasang... cuma itu aja, gak ada basa-basinya atau ramah tamanya lah...
    jadi kesannya karywan planetban itu kayak robot.

    padahal dulu ketika ane ke planet ban yang sama dengan yang di datengi temen ane itu (dua kali ane ganti disana, terakhir 8 bulan lalu) karyawannya cukup responsif dan sabar kok ngelayani customer...

    kalo seperti ini, sepertinya makin lama, planetban akan di tinggal customer, padahal competitor udah mulai banyak bermunculan

    ReplyDelete
  30. yah, mungkin warning buat pengelola untuk kembali memberikan penyegaran kepada semua pegawainya akan pentingnya Pelayanan.
    Seperti halnya kita maklumi, pelanggan berani membayar lebih untuk produk yang sama tapi dengan pelayanan prima.

    Trims

    ReplyDelete
  31. Minggu kemarin ke planet ban jatiasih gan, nanya nanya dijawab sekedarnya, akhirnya gua putusin beli ditempat lain

    ReplyDelete
  32. saya sudah pakai ban belakangnya tubeless di planet ban, sudah sekitar 1.5 tahun, alhamdulillah sampai sekarang masih sangat awet sekali dan sekitar 2 minggu yang lalu saya baru saja mengganti ban depannya tubeless juga

    thanks planet ban, keep going on

    ReplyDelete
  33. pengalaman ganti ban di planet ban solo - palur, jawabannya sangat memuaskan kok, sekedar share pengalaman pake corsa untuk vario, kelemahan utama adalah gundulnya di satu sisi, kelebihannya ini ban memang tahan lama & g cepet rusak meski ditambal lebih dari 3 kali, kelebihan FDR memang terasa lebih nge-grip, tapi baru ditambal sekali, ban sudah rusak, karena memang kurang tebal

    ReplyDelete
  34. sudah 2 tahun belakang, saya juga mengganti ban di planet ban. pelayanannya memuaskan dan banyak promo ban matic murah

    ReplyDelete
  35. SEKITAR PERTENGAHAN FEBRUARI SAYA MENGGANTI BAN TUBLESS DI PLANET BAN DURI RAYA KEDOYA

    DENGAN HARGA BAN 130.000 NAMUN KASIR BILANGH ITU HANYA HARGA BAN

    DIMANA UNTUK BAN TERSEBUT SEPAKET DENGAN CAIRAN ANTI BOCOR

    OK SAYA MENGIYAKAN JADI TOTAL SEMUA 175.000

    DENGAN RINCIAN BAN 130.000
    PENTIL 7.000
    ANTI BOCOR 38.000

    JADI TOTAL SEMUA 175.000

    SELESAI PEMASANGAN SAYA KONFIRMASI LAGI KE MONTIR YANG PASANG INI SUDAH DENGAN CAIRAN ANTI BOCOR?? MONTIR PUN MENJAWAB IYA,,,,

    YANG MEMBUAT SAYA MENGELUH SAAT BAN SAYA TERKENA PAKU DIMANA SEHARUSNYA KALAU SUDAH DISIISI ANTI BOCOR SAAT PAKU DICABUT AKAN MENAMBAL BAN ,TERNYATA TIDAK,BUKAN TIDAK MENAMBAL TAPI MEMANG TIDAK ADA CAIRAN APA APA......

    JADI SAAT PEMASANGAN BAN CAIRAN ITU TIDAK DIMASUKAN???
    APA MEMANG INI CARA MENIPU OLEH KARYAWAN PLANET BAN???

    UNTUK BON PEMBELIAN MEMANG SUDAH TIDAK SAYA SIMPAN,NAMUN UNTUK BUKTI SEYA BAYAR SEHARAHA 175.000 MASIH ADA KARNA SAYA PAKAI DEBIT BCA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya, ban tubeless itu gak perlu ditambah cairan anti bocor, tapi memang ada beberapa yang menyarankan pakai tambahan cairan anti bocor,

      tapi nyatanya, pengalaman dari temen saya, dia pake ban tubeless, plus dalamnya di isi cairan anti bocor....
      tau hasilnya apa? bannya tetep bocor ketika kena paku. angin ban habis juga. jadi cairan itu tidak bisa mengcover pori-pori yang kena paku tersebut.

      mungkin kalo ban kena ujung jarum suntik sih ga masalah, cairan anti bocor itu mungkin masih bisa menutup pori-pori ban,

      lagian, saya pernah denger, kalo ga salah produsen ban tubeless tidak merekomendasikan pemakaian cairan anti bocor untuk di isikan di ban tubeless, katanya sih bisa membuat korosi peleg

      Delete
    2. Dear All : mau pke ban merk ap sj mudah"an smua tetap diberikan keselamatan didalam berkendara, Amin................

      Delete
    3. ya semoga saja gan semuanya diberi keselamatan, apapun merek bannya :)

      seminggu yang lalu saya baru gantiin ban si vario pink ini, ganti ban tubeless untuk depan dan belakang. di planet ban yang sama dengan yang ada di catatan saya ini.

      ternyata emang karyawan planet ban waktu itu, nawarin, pakai tambah cairan anti bocor atau tidak? ganti oli atau tidak, mumpung ada promo, katanya.

      kok kayaknya planet ban jadi kayak indomaret dan alfamart ya, nawarin hal yang tidak ingin kita beli he..he..he...

      tapi, saya salut dengan pelayanan Planet ban yang di Darmo Indah Surabaya ini, pelayanannya bagus, ada cek list nya juga, sehingga tidak ada yang telewatkan pengerjaannya, waktu itu saya langsung di tangani 3 orang sekaligus, jadi lebih cepat. Mungkin waktu itu hanya saya satu-satunya customer yang ada he..he..he.... jadi nya di "keroyok" habis-habisan....

      ya, ada peningkatan pelayanan lah di PB darmo indah ini dari pada 2 tahun lalu.

      Padahal 1 tahun yg lalu, ketika saya gantiin ban si supra x 125, PB di Darmo indah ini pelayanannya justru menurun daripada sebelumnya... stok barang pada habis semua, karyawan pada cuek.

      Tapi sekarang Alhamdulillah sudah sangat baik, semoga aja pelayanan kedepannya lebih baik lagi, misal customer di kasih minum teh botol dingin seperti di bengkel ahas ha...ha..ha...

      Delete
  36. Saya pake ban tubeless Corsa baru setahun dah robek dan itu belum gundul, sepertinya kualitasnya kurang saya juga pake cairan anti bocor dan memang bener untuk bocor gede ga bisa mengcover bekas pakunya malah cirannya keluar gitu aja. Sekarang pake tubeless Michelin moga-moga awet ga ky corsa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin ane juga baru ganti ban buat si vario pink ini gan, udah lama punya rencana ganti pake michelin, tapi apa daya dana terlalu cekak, dana terpakai terus he..he..he... jadinya pake FDR, FDR ini emang lebih lunak dari pada corsa vario sebelumnya.

      Delete
  37. Baru pertama kali nyoba ban tubeles merk Michelin moga - moga aman dan nyaman.............

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin ane juga baru ganti ban lagi buat si vario pink ini,
      mau nya pake michelin, tapi ada daya, dana terlalu cekak... pas-pasan.
      ane kemarin ganti ban depan belakang habis 396rb pake FDR Tubeless.
      jadi ban corsa yang ada di catatan ini sudah terpakai selama 2 tahun 2 bulan, sudah waktunya pensiun, dan diganti FDR yang lebih lunak, semoga aja lebih awet dan aman

      Delete
  38. planet ban .... di suruh gnti ban saya aja nolak mentah2 .. dengan alasan kunci nya takut patah ,emang ranting patah ... trus takut buka knalpot takut selek baut nya .. profesional apa nya .. alasan nya ngak bermutu ,cuma buka motor suzuki spin aja alesan nya kaga masuk akal semua .. planet ban ampas banget ah... ngak seperti coment di atas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha.ha.ha.. kok lucu gan,
      kalo memang seperti itu mending tutup aja planet ban nya.
      emang di planet ban mana tuh gan?????

      Delete
    2. planet ban pondok kopi .... bener2 dah itu karyawan tolol semua kali yah ... suzuki spin aja takut bongkar nya , punya web,punya cabang banyak... tapi karyawan ampas ama kunci murahan ,sampe ngomong takut patah ... baru denger kali ini kunci patah buat buka baut ban doang ..

      Delete
    3. jangan2 itu bukan karyawannya planet ban gan. mungkin om wirant* yg lagi nyamar ha..ha..ha....
      just kidding.... :)

      Delete
    4. Untuk spin
      Baut knalpot nya memang susah untuk bongkar nya
      Dan harus di cek dulu kondisi baut knalpot nya
      Karena resiko nya besar kalo sampe baut itu patah
      Apalagi patahanya masih menempel
      Bisa bisa bongkar mesin

      Ane pernah kejadian soalnya motor spin ane bongkar di bengkel

      Jadi nya bongkar mesin
      .mungkin itu landasannya gan

      Delete
  39. Om iron,,kira2 aman g yak klo velg jari utk dipasang ban tubeless. Butuh advice.
    Klo dr montir duniabannya sih bisa aja, cuma takutnya itu sekedar bahasa sales aja. Ban yg dipake sekarang sih sudah tubeless semua, tp masih ada tube nya,,hehe

    .thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dibilang aman sih aman aja om.

      saya sendiri belum pernah liat yg seperti itu secara langsung. temen maupun kenalan juga ga ada yg seperti itu. peleg jari pake ban tubeless.

      tapi saya pribadi kok merasa ga sreg aja peleg jari pake ban tubeless.

      walaupun emang bisa dengan menambah karet manset plus serbuk karetnya.

      tapi daleman peleg jari kan mudah karatan tuh. jadinya bisa aja di selah karatan itu angin bisa keluar. tapi ga tau juga sih he.he.he....

      Delete
  40. Om iron kalau ban luar yg bukan tubless ukuran 110/80 sama 130/70 kira2 merek apa ya yg ada?.
    Di planet ban ada gak ya?.
    Soalnya tapak lebar jari2 yang mau saya pasang.

    ReplyDelete
  41. gan ane tadi beli ban corsa ukuran 90/80 di gudang ban.. disana pelayanan nya bagus kok gan terus ane juga nanya gan sama yang penjual nya.. apa benar ban corsa itu jelek cepet rusak.. terus kata dia gan merk corsa sebenar nya tidak buruk buruk amat gan... dan setau dia kata yang penjual ban kalau ban cepet melendung atau istilah gendut... itu adalh ban yang bukan asli nya merk corsa gan... ane udah sering makai corsa dan alhamdullilah tidak terjadi apa apa.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ane pake ban corsa sih bagus gan,
      cuman 1 keluhan saya selama beberapa kali ganti ban pake corsa,
      pernah sekali kena jarum nya mesin jahit, langsung bocor dan anginnya cepet habis, walaupun jarum masih nempel di ban, padahal jarumnya kecil loh.
      dan satu lagi, ban corsa sangat keras, jadi kesannya kayak licin gitu, tapi alhamdulillah, selama pake ban corsa gak pernah selip.

      tapi belakangan ini, beberapa motor di keluarga ane, pake ban fdr, yang lebih lunak, walapun katanya akan cepet habis. tapi gpp toh jarang dipakai

      Delete
  42. Masukan untuk planet ban agar di sediakan jagrak untuk kenderaan atau sepeda motor yang gak.punya jagang tengah
    Biar tambah joooos
    sepeda saya di tolak gara gara gak ada jagang tengah nya jadi agak kecewa jadinya
    Mohon jadi perhatian dan masukan bagi pimpinan PLANET BAN terima kasih dan salam

    ReplyDelete
  43. Masukan untuk planet ban agar di sediakan jagrak untuk kenderaan atau sepeda motor yang gak.punya jagang tengah
    Biar tambah joooos
    sepeda saya di tolak gara gara gak ada jagang tengah nya jadi agak kecewa jadinya
    Mohon jadi perhatian dan masukan bagi pimpinan PLANET BAN terima kasih dan salam

    ReplyDelete
  44. ohh tu cuma oknum klo playanan yg gx bnr gan..

    ReplyDelete
  45. di PB ada merk Mizzle ga ya, pangalaman pakai Mizzle memuaskan untuk yang tube type

    ReplyDelete
  46. terima kasih gan untuk informasinya, planet ban memang mantap

    ReplyDelete
  47. Terima Kasih Atas Infonya Gan..
    Izin Share ya

    ReplyDelete
  48. Bru aja ganti ban tubeles corsa di PB mdh2n bagus n awet.....ga tau klp ada posting soal ban maklum jarang kena masalah ban

    ReplyDelete
  49. merk Kingland jg bagus, harga nya irit dan awet bgt. udah 2 tahun pake belum pernah nambel ban, sharing pengalaman gan

    ReplyDelete
  50. Curry leaf chutney is an extraordinary method for keeping your hair from going dark. The chutney works on https://www.wellnesspitch.com/ the development of the shades that make the variety in your hair. One teaspoon daily is sufficient.

    ReplyDelete