Pengalaman Ganti Ban Di Planet Ban

Gak terasa 1.5 tahun lebih Vario Pink ini menemaniku dalam suka dan duka, dalam panas dan hujan, dalam keberuntungan dan kesialan. Ya terasa sial ketika ban bocor kena paku. sudah 4 kali Ban motor vario ini bocor, 2 kena paku dan 2 karena bocor dengan sendirinya. Mungkin ban bocor dengan sendirinya ini di akibatkan oleh kondisi ban yang sudah gundul. Wah waktunya ganti ban nih. Tunggu gajian dulu deh baru ganti ban.


Setelah menerima gajian bulan ini dari kantor, saya menyisihkan sedikit buat ganti ban belakang vario yang sudah gundul ini. Cari referensi ban apa yang cocok dari berbagai sumber, akhirnya di putuskan pake ban tubeless. Dengan pertimbangan agar ketika ban kena paku tidak langsung kempes. Pernah suatu saat, ketika pulang kerja lewat jalanan tuang / bulak atau sejenisnya (jalanan yang hanya dikelilingi sawah saja tanpa ada perkampungan) tiba-tiba sepeda motor terasa oleng, walaupun cuma oleng pelan, saya putuskan untuk berhenti cek kondisi ban, ternyata benar ban bagian belakang kempes, setelah dicek dengan teliti, ternyata terkena paku. Sialan nih, di tengah-tengah tuang ban cocor, jauh dari perkampungan lagi, apalagi sudah maghrib, alamat jadi nuntun tuh motor sejauh kurang lebih 1 km untuk mencari tambal ban, lumayan ngos-ngosan juga.

Berangkat dari masalah itu, maka saya putuskan ganti aja ban belakang dengan ban tubeless. Dengan banyaknya bengkel yang ada sekarang sepertinya tidak susah untuk ganti ban tubeless di bengkel, tapi saya lebih memilih mencoba ganti ban di Planet Ban. Di iming-imingi promo ban tubeless matic untuk belakang dengan harga Rp.120.000,- jadi tertarik pengen mampir ke salah satu gerai planet ban yang ada di daerah Darmo Indah Barat Surabaya. Spanduk yang terpampang sangat jelas di semua gerai Planet Ban itu bener-bener seperti promo yang menggiurkan.

Sampai di gerai Planet Ban Darmo Indah Surabaya, saya tidak langsung masuk, tapi lihat-lihat dulu promo seperti yang tertulis di spanduk itu, dan kebetulan di depan toko di pajang contoh ban yang dipromosikan. Ternyata ban tubeless belakang untuk matic yang seharga Rp.120.000,- adalah ukuran 80/90-14 merek Corsa S01. Kok ukuran 80/90 ya?, padahal ban belakang si vario ini kan 90/90-14.

Akhirnya saya masuk ke dalam dan melihat beberapa contoh ban yang di pajang dirak yang ditata dengan rapi.

Saya mencari ukuran 90/90-14, cuma ada dua saja yaitu merek Corsa dengan harga Rp.163.000,- dan merek Michelin Rp.249.000,-. Padahal saya mencari yang merek Federal tapi gak ada, jadinya terpaksa beli Corsa S01 90/90-14 plus tutup pentil Rp.7.000,- jadi total habis Rp.170.000,-

Sedangkan untuk ban biasa atau TubeTyre merek FDR Flemmo dengan ukuran 90/90-14 di banderol dengan harga Rp.153.000,-, untuk ban dalam nya sendiri saya gak cek harganya, karena dari awal emang niatnya ganti ban tubeless.

Setelah bayar dikasir, saya harus antri, karena hari itu ada sekitar 3-4 motor juga yang antri di ganti bannya. Ketika mengantri itu saya lihat proses ganti bannya lumayan cepet, karena di kerjakan dengan mesin, sehingga tidak membuat peleg roda lecet. Setelah ban selesai diganti, kemudian di isi dengan Nitrogen yang konon katanya bisa bikin ban awet ban dan hemat BBM, untuk yang ini saya belum pernah membuktikannya sendiri.

Kalo di estimasi dari pelepasan roda, ganti ban, isi nitrogen dan pasang roda kembali memerlukan waktu sekitar 10 - 15 menit, lumayan cepet lah. Sebenernya untuk harga ban tubeless Corsa S01 ukuran 90/90-14 di Planet Ban lebih mahal daripada di tempat lain, di tempat lain bisa Rp.140.000,- s/d Rp.145.000,- (ini setelah saya cari info di internet) jadi lebih mahal sekitar Rp.20.000,- an. Tapi di Planet Ban gratis biaya pasang dengan mesin dan gratis isi nitrogen selama satu tahun. Bagi saya pribadi tidak apa-apa lebih mahal yang penting pelayanannya memuaskan. Dan yang lebih penting lagi semoga bannya bener-bener awet dan gak mudah melembung atau bunting seperti banyak isu yang beredar di masyarakat selama ini yang menganggap ban Corsa adalah ban Murahan dan mudah bunting.

Alamat Planet Ban Darmo Indah Barat ini bisa di lihat di website resminya Planet Ban, silakan klik disini

38 komentar:

  1. bagus ulasannya, bengkelnya bersih, bagus.

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah berkunjung

    BalasHapus
  3. saya membeli M ONE di planet ban lenteng agung, pada saat pemasangan saya dikenakan biaya pekerjaan sebesar Rp 5.000,- / ban, tetapi kawan saya di planet ban cibubur tidak di kenakan biaya pekerjaan, saya jadi bingung dengan managemen planet ban.


    Terima kasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas Tri Suwartanto coba adukan saja ke manajemen planet ban lenteng agung maupun cibubur, atau melalui web resmi planet ban.
      karena itu adalah permainan oknum2 di sana aja.

      Hapus
    2. sepertinya pelayanan di planet ban lenteng agung tidak bagus karena saya baru baca di kaskus,salah satu kaskuser merasa kecewa dengan pelayan disana.

      Hapus
    3. Sdh 2 planet ban yg sy kunjungi emg pelayanannya kurang ramah adapun sy beli ban disana dgn perasaan terpkasa.padahal wkt itu sy cm minta tambah nitrogen ato mau ganti oli,kebetulan oli nya tdk ada mereka lgsung pergi.Sy sdh mengadukannya tp katanya "emg orngnya begitu".WOW sifat orng sprti itu kok di terima kerja,msh banyak orang yg mau kerja dengan sifat yg ramah kepada orng

      Hapus
    4. sepertinya pelayanan planet ban sekarang tidak memuaskan lagi, beberapa hari yang lalu saya juga ke planet ban untuk cek harga, ternyata beberapa item produk ban, accu, rantai dan kampas rem banyak yang kosong, padahal sejatinya ane mau ganti ban juga dan kampas rem. untuk staffnya sekarang juga kurang bergairah dan semangat dalam melayani customer, tidak seperti pengalaman saya yang pertama ke planet ban dulu.

      Hapus
  4. corsa ban kalo untuk mio jelek bos,,nyawa jadi taruhan lebih baik bayar lebih mahal sedikt yang penting safety

    BalasHapus
  5. Terima kasih sudah mampir dan great testimoni...
    berimbang...

    BalasHapus
  6. Corsa mantabs kok...bolak balik ke kota semarang ok..padahal cuaca panas..udh 5 kali sob...dri motor baru 2011 ampe skrng blm ganti....ngga mlembung tuch...corsa paslah sama kantong gw...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah punya saya juga masih aman-aman aja, tiap hari buat perjalanan kerja PP menempuh jarak lebih dari 60 KM, semoga aja, awet, karena sebentar lagi juga mau ganti ban depan :)

      Hapus
  7. FDR bukan Federal, setau ane...

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanx atas koreksinya, soalnya waktu itu nanya di bengkel yang jual toko ban, waktu nyari ban federal, saya yang jual di yunjukin merek FDR, katanya sama aja :)

      Hapus
    2. Betul, FDR bukan Federal.
      FDR grup dari Astra juga. Pabrik FDR dan Federal sama.
      untuk OEM Ban Motor (Pabrikan) dikasih judul Federal, sementara untuk after market dijual dengan nama FDR.
      kira2 seperti begitu.

      Hapus
  8. mantap reviewnya, saya baru ganti ban corsa juga, memang kurang paham sama merk ban tubeless, soalnya ban yg lama udah ga enak banget

    BalasHapus
  9. Ane brusan tadi jg ganti ban d planetban , ane nyoba pake fdr soalna dulu pake crza, bocorna gedhe padahal kondisi ban masih jauh dari kata gundul.

    BalasHapus
  10. kalo mau lebih bagus lagi pake ban merek michelin, ban lebih awet, nyaman dan safty di gunakan. meskipun harganya lebih mahal di bandingkan dengan merek ban lokal yg ada michelin d kelasnya adalah ban yang paling murah untuk sekelas impor. buktikan sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Gan..
      Saya juga pakai untuk ban depan new mega pro 2011.
      aman dan cengkraman mantap saat jalanan kering, basah maupun hujan. materialnya terbuat dari soft-compound tapi gk mudah habis/terkikis seperti batlax-nya bridgestone.

      Selamat mencoba...

      Hapus
  11. Jadi yang bgus mana nih gan???
    Ane jdi bingung mau gnti ban.

    BalasHapus
  12. Kalo mau yang bagus. Pilih batlax aja gan, produk dari bridgestone. Tp selama ini ane pribadi 2 kali pake corsa. Baik2 aja gan. Dan belum ada keluhan apapun

    BalasHapus
  13. Lumayan memuaskan lah pelayanannya. Saya d jelasin perbedaan ban lokal dengan import. Saya sendiri pake ban pilot sporty dari michellin ukuran 90/80-17 buat ban belakang, maklum jarak rumah - kampus 30 kilo lebih pp.. Enak lah di jalan lebih berasa ngegrip bannya..

    BalasHapus
  14. Corsanya udah satu tahun lebih ya, skrg gmn bannya apa masih ok ok aja?

    BalasHapus
  15. Masih bagus tuh gan ban corsanya
    karena vario ini sekarang di pake istri buat nganter anak kesekolah aja
    jadinya ya bannya tetep awe gak cepet gundul :)

    BalasHapus
  16. Mohon saran nih gan, motor ane jupiter MX 2007, mau ganti tubeless depan blakang, ukuran yg dipake skr dpn 80/80, belakang 110/70, nah kira" merek apa yang oke untuk segala kondisi/awet dan harga tidak lebih dari 200rb untuk ban belakang nya ? thanks ya gan :)

    BalasHapus
  17. kalo yang gak lebih dari 200rb, ya merek corsa gan, atau FDR... kalo merek michelin biasanya 225rb

    BalasHapus
  18. Corsa S-123 bagus untuk segala kondisi gan? itu under 200rb untuk size 110/70-17?

    BalasHapus
  19. Motor tiger ban belakang tubless untuk ukuran paLing besar berapa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh maaf gan, ane gak tau, cuman punya bebek aja :)

      Hapus
  20. kalo untuk yamaha GT 125 ban tubeles ukuran brp Gan..soalnya ukuran aslinya dpn 70/90 blkg 90/80 mau tak ganti lebih besar dikit gan..

    BalasHapus
  21. Mas klo untuk scorpio yg pakek velg byson enak pakek ban apa ya,masalah-nya klo tubeless saya g begitu paham, terima kasih.

    BalasHapus
  22. kalau saya ingin buka waralaba untukusaha ban spt ini, apakah ada referensi dan bagaimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek info nya disini gan http://planetban.com/kerjasama

      Hapus
  23. planet ban caman....memberikan kejadian paling buruk & menjengkelkan buat saya....

    ban depan saya rusak ( benjol ) sehingga ingin mengganti dengan ban tubeless ( ban belakang sudah ganti tubeless d planet ban yg sama )

    manset velg di bilang kosong...sudah beberapa kali....selalu jawaban yang sama....manset nya gk ada

    akhirnya....saya beli manset velg melalui media online. setelah kiriman manset datang...saya ke planet ban, caman - jatibening, bekasi 17412

    ternyata...mereka ( karyawan planet ban ) tidak mau mengganti ban saya...dengan alasan manset dibeli bukan di planet ban

    dengan kesal & dongkol saya tinggalkan planet ban....dan berjanji tidak akan pernah kembali ke planet ban lagi

    padahal...2 motor saya sudah mengganti ban d toko tersebut. ternyata...kepuasan & pelayanan terhadap pelanggan...tidak saya temui d planet ban

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya planet ban makin lama, makin sering dikomplain masalah pelayanan.
      Kalo menurut ane, harusnya gak masalah cuman bantu pasang manset, toh ban nya juga beli disitu.

      Hapus
  24. kemarin saya juga beli di planet ban, merk michelin untuk vario. pelayanannya over all bagus tp emang agak kurang memuaskan.

    BalasHapus