Menghidupkan Kembali Printer Canon MP258 Yang Mati Total Setelah Direset

Yup Sesuai judulnya, kali ini saya akan sharing bagaimana menjadikan printer canon MP258 ini sebagai zombie. Awalnya sama kantor di tugaskan untuk dinas ke salah satu client yang ada di Sidoarjo, yang mana tugas itu untuk memperbaiki 3 printer plus 1 komputer ALL in One yang sering hang atau freeze. Untuk yang 1 printer, yaitu LX 300+II udah beres, kemudian printer satunya Epson L100 masih garansi jadi gak berani bongkar, selanjutnya PC All in ONE pun juga selesai opname, jadi tinggal satu pekerjaan yang belum selesai, yaitu perbaiki printer Canon MP258 yang di modif.

Awalnya printer ini menunjukkan penyakit lamanya yang sering kambuh, yaitu penyakit E05, di otak atik berkali kali gak bisa-bisa, padahal ketika penyakit yang sama beberapa bulan sebelumnya gampang dalam penanganannya, tapi kali ini harus bener-bener sial bin mampus. Ya, bener-bener mampus tuh printer, udah Error E05 gak ilang-ilang, eh ternyata printer malah death, alias mati total.

Keringat pun bercucuran, dalam hati, gila nih kalo sampe adaptornya rusak, bisa-bisa 2 hari gaji buat gantiin adaptor tuh. Coba test kabel power pake multimeter, gak ada masalah, wah berarti adaptornya nih. busyet... deh. akhirnya coba lepas semua kabel, baik kabel usb maupun powernya, kemudian saya tinggal cek email, buka tokopedia, barangkali ada order masuk, akhirnya lama-lama jadi lupa kalo masih punya PR printer canon mp258 itu.

Jam 12 siang adalah waktunya istirahat makan siang, sambil tunggu dibelikan makan siang oleh perusahaan, iseng-iseng coba otak-atik lagi tuh printer, siapa tahu ada keajaiban. Diawali dengan bacaan bismillah, tancepkan kabel USB, kemudian tancepkan kabel powernya, sambil dug dug tak menekan tombol power, dan.......... Alhamdulillah printer bisa nyala lagi, walaupun kode E05 masih belum teratasi, tapi setidaknya printer bisa menyala kembali. selanjutnya tinggal menyelesaikan kode error E05 yang seharusnya masalahnya ada pada catridnya. Untuk cara mengatasi kode Error E05 ini akan saya bahas di lain waktu aja ya..... dan sekarang waktunya makan siang, karena udah datang tuh makan siangnya.....

Kesimpulan: (pake perasaaan saya sendiri loh, jadi tidak ada teknisnya)
ketika kita salah melakukan reset, ternyata printer canon mp258 ini akan mati dengan sendirinya, ketika printer udah mati, maka ditekan tombol power berkali-kali pun tidak akan bisa menyala.

Solusinya: (ya,... itu tadi)
cabut semua kabel baik USB maupun powernya dan tunggu sekitar 10 menit, setelah itu tancepkan kembali semua kabelnya, maka printer seharusnya bisa menyala kembali, tapi kalo tetep tidak menyala, coba cabut kabelnya agak lama, dalam kasus saya tadi, saya baru nancepkan kabel setelah lebih dari 1 jam setelah di cabut, kalo masih belum juga menyala, kemungkinan kabel powernya atau adaptornya yang rusak.

19 komentar:

  1. gan gmn klo tetep mati setelah ditancepkan kabel power'a tu?tlong gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matinya habis reset, atau memang dari awal mati...?

      kalo misalnya kabel power sudah dicabut lebih dari 30 menit, dan power belum hidup juga. kemungkinan adaptonya yang mati :) jadi harus ganti adaptor / powers supply :) harga adaptornya sekitar 95rb-an :)

      Hapus
    2. gimana kalo, eh mau nanya kang, printer saya Canon MP258 tiba tiba kalo di on lampu indikatornya nyala tapi langsung mati, aliase ga mau hidup, gimana itu yah mas, terima kasih atas jawabannya....

      Hapus
  2. sial.. mengalami nasib serupa. untung ada tips ini. maturnuwun Gan.. printer bs nyala lagi.. tapi error masih..

    BalasHapus
  3. ni masalahx gk mau hidup gan setelah direset ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo setelah di reset gak mau hidup, solusinya seperti di atas.. matikan printer dan cabut semua kabel.... tunggu aja sekitar 1 jam... saya sendiri beberapa kali berhasil dengan cara tersebut.... kalo gak berhasil berari adaptor atau board powernya yang mati :)

      Hapus
  4. saya juga begitu gan, setelah di resert pinter nya mati total, tlg solusi nya gan

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. terima kasih kembali, semoga bermanfaat

      Hapus
  6. Syukron gan
    Printer ane idup lagi

    BalasHapus
  7. gan kalok printer mp160, sama nggak sama printer mp258 penyakitnya?

    BalasHapus
  8. dicoba aja gan, ane gak pernah punya yang mp160

    BalasHapus
  9. gan printer saya canon mp250 juga , os xp sp3 kenapa ya hang setelah matiin printer?, terus stuck saat restar printer keaadan dihiduokan tp klo gak di hidupkan printernya restar windows normal. terima kasih

    BalasHapus
  10. klw error b200 cara mengatasinya g mna tu....

    BalasHapus
  11. Ada yang tau gak, dimana beli adaptor MP230.......thanks sebelumnya

    BalasHapus
  12. gan kalau saya punya canon mp237 awalnya buat ngeprin normal, tp ketika mau dipake ngeprin lagi ternyata sudah mati dan gak mau dihidupkan lagi hanya berkedip 1x saat di colokkan ke listrik... mohon solusinya gan????

    BalasHapus
  13. sama gan habis reset malah matek klo ane eror 03 gan

    BalasHapus
  14. gimana kalo, eh mau nanya kang, printer saya Canon MP258 tiba tiba kalo di on lampu indikatornya nyala tapi langsung mati, aliase ga mau hidup, gimana itu yah mas, terima kasih atas jawabannya....

    BalasHapus