Jalan Jalan Ke Wisata Panci Pandaan Jawa Timur


Sebenernya kami datang ke wisata panci yang ada di Pandaan Pasuruan Jawa Timur ini beberapa minggu yang lalu, tepatnya setelah pulang dari pemandian Telogo Sewu yang ada di Durensewu Pandaan, karena pulangnya waktu itu emang sengaja memilih lewat jalur ke Taman Dayu.

Karena mamanya Aira penasaran dengan tempat ini (Wisata Panci) yang dia pernah denger dari saudara ketika main kerumah, maka ketika selesai dari Telogo Sewu kami langsung meluncur ke lokasi Wisata Panci, yang lokasinya tidak terlalu jauh dari lokasi Telogo Sewu.




Lokasi wisata panci ini tepatnya ada di Jl. Taman Dayu, dusun Sukorejo Desa Karangjati Pandaan Jawa Timur. Untuk Lokasi di google mapnya, silahkan klik disini.





Kalo anda menuju lokasi wisata panci ini dari jalan utama Pandaan, langsung aja masuk ke Taman Dayu, dari KFC Taman Dayu yang berbentuk unik itu atau Food Terace, naik aja sekitar 500 meter lalu belok kanan, nanti juga ada papan penunjuknya kok. Kalo dari jalan, emang gak keliatan tuh tempatnya, di depan gang menuju lokasi wisata panci terdapat beberapa warung kopi yang sangat rame, dari situ masuk aja ke gang sekitar 50 meter, nanti anda akan menemukan beberapa toko yang menjual panci, nah disitulah letak wisata panci :) .






Sepertinya wisata panci ini dikelola satu orang atau satu perusahaan atau satu koperasi atau satu UKM atau apalah :) soalnya disitu, semua toko mempunyai nama toko dan no telpon yang sama, yaitu UD AGUNG FAJAR he..he..he..., setelah parkir motor, kami pun coba masuk ke salah satu toko, setelah liat-liat barang yang di pajang, ternyata semua isinya memang peralatan dapur he..he..he.... Ada yang bermerek ataupun tidak bermerek.



Awalnya kami mengira, lokasi wisata panci ini merupakan home industri warga setempat, karena memang banyak produk yang tidak mempunyai merek. Tapi kalo di lihat dari beberapa tulisan di papan namanya, ternyata barang yang ada di wisata panci ini merupakan barang BS-an dari beberapa perusahaan besar, seperti Maspion, Pelita Jakarta dan Kedaung Group. Dan beberapa diantaranya merupakan barang KW II dan KW III, nah yang KW ini yang saya tidak tahu, apa hasil home industri warga sekitar atau dari cina.
Di lokasi wisata panci ini tidak melulu menjual produk panci logam, stenlis, ataupun aluminium, melainkan juga ada produk yang terbuat dari plastik, dan beberapa lainnya terbuat dari beling, Ada juga kipas angin, Rice Cooker, blender dari merek ternama, untuk yang produk elektrik ini BS atau gak, saya juga tidak tahu.

Untuk masalah harga, beberapa orang menyebut murah, apalagi yang duitnya banyak he..he..he...., tapi bagi saya maupun mamanya Aira, harganya sama aja dengan yang ada di sekitaran rumah. Bahkan harga bisa murahan di sekitar rumah kami, di wisata panci ini semua harga yang tercantum adalah harga PAS, jadi anda gak perlu nawar lagi, lihat - suka - ambil - bayar. :)
Selama sekitar satu jam disitu, mamanya Aira cuman beli wajan mini berbentuk kepala kelinci untuk goreng telur buat sarapannya Aira, harganya Rp. 15.000,- :) cuman mampunya beli itu aja he..he..he...

1 comment: