Jadi Teringat Akan Boomingnya Game Watch "Gembot" Di Awal Tahun 90-an


Sebelum tenar game portabel seperti PSP, PS Vita, Game Boy atau Tablet android seperti sekarang ini, lebih dari 2 dekade yang lalu, saya sudah sering memainkan game portable yang waktu itu namanya game watch, kalo saya sama temen-temen bisa nyebut gembot atau jimbot.




Kalau gak salah pertama memainkan gembot tersebut sekitar kelas 4 atau 5 SD waktu itu tahun 1992. Dulu permainan gembot biasanya disewakan oleh para penjual yang biasa mangkal di sekolah SD, kadangkala disewakan oleh abang tukang mainan dan tukang gulali (gula cair merah hijau).

Dengan harga sewa Rp.25,- s/d Rp.50,- bahkan terkadang sampe Rp.100,- (waktu itu uang saku sekolah saya masih Rp.100,- he..he..he...) kita masih perlu antri untuk memainkan game portable ini. Sistem sewanya, ketika kita game over, maka gembot harus di kembalikan. Tapi ada juga sistem sewanya per 30 menit atau 1 jam. Untuk yang sudah ahli, bisa sampe lama mainnya, permainan semacam ini menggunkan system level. Karena dulu saya sering kalah mainnya, jadi saya suka curang kalo game over, buru-buru saya On/Off biar bisa maen lagi ha..ha..ha....

Untuk menghindari kecurangan atau kehilangan gembot ini, biasanya para pemilik gembot memberi tali, semacam tali tambang pada gembotnya, agar tidak di bawa lari sama penyewanya he..he..he..., tali ini juga berfungsi untuk menarik atau memberi tanda bahwa main gembotnya sudah selesai atau game over, biasanya di tandai dengan suara game over yang cukup khas.

Sekarang anak saya Aira umur 3 tahun, kalo main game sudah pake komputer, laptop, tablet android, game portable GSP (Game Station Portable) semacam game nintendo versi TV, hanya di jadikan portable (nembak modelnya PSP ha..ha..ha...) game GSP ini dapat dari qoo10. Padahal Papanya dulu kalo main game harus sewa dengan menyisihkan uang saku sekolah dulu he..he.h...

Iniloh peralatan game nya Aira sekarang. Semuanya dapat dari internet gratis he..he..he... hasil ngumpulin dollar.





Sedangkan di bawah ini adalah game watch atau gembot atau jimbot yang papa nya Aira mainin waktu masih jaman SD dulu he..he..he....

Western Bar Game ini menceritakan tentang seorang koboi gila yang mengamuk di suatu bar. Tugas anda adalah menembaki botol dan gelas yang dilemparkan oleh bartender tapi harus hati-hati dengan pengunjung bar yang kadang-kadang melemparkan piring dan gelas kepada anda juga bom yang dilemparkan oleh bartender, jangan sampai kena dan tertembak kalo enggak bisa mati. Di game ini juga ada sesi tarung adu cepat menembak one by one dengan koboi musuh. Saya dulu menyebut game ini sebagai gembot koboi cengeng, soalnya kalau kalah koboinya menangis he..he...he...

Submarine Battle Lebih dikenal dengan gembot kapal selam, cara permainannya adalah dengan mengendalikan kapal selam sambil menembak kapal-kapal musuh yang berseliweran di langit. Awas, kadang-kadang kapal laut dan kapal selam musuh juga datang menyerang.

Kungfu Game ini ciri khasnya apabila melakukan suatu gerakan maka akan terdengar bunyi "kungfu". game ini cukup mudah dimainkan, yaitu dengan melakukan gerakan ke atas plus pukulan/tendangan maka lawan akan takluk. Dalam beberapa stage diharuskan mengalahkan 2 lawan dan lawan bersenjata.

Trap Shooting, memainkan game ini di butuhkan kejelian dan konsentrasi, game menembak piringan atau piring terbang.

Heli Battle Atau dikenal juga dengan gembot helikopter, cara permainannya adalah mengendalikan helikopter sambil menembaki helikoter musuh yang menyerang,  awas kadang-kadang tank juga menyerang dari bawah tinggal dikasih bomb aja biar meledak.

dan masih banyak lagi sebenernya yang pernah saya mainkan......

Yang jelas peralatan game ini sekarang di buru banyak kolektor loh, sekarang bisa laku 500rb sampe jutaan loh. Maklum barang langka..... padahal dulu belinya mungkin sekitar 5000-10.000 .

No comments:

Post a Comment