Tukar Tambah Accu (Aki) Di Planet Ban



Untuk kedua kalinya si Rio Pink ini masuk ke Planet Ban, sebelumnya yaitu waktu ganti ban yang saya tulis di Pengalaman Ganti Ban Di Planet Ban. Saya sudah 2 kali ganti aki si vario ini, yang pertama aki bawaan si Rio hanya bertahan 1,5 tahun, terus yang kedua ini umurnya malah lebih pendek, hanya berumur 8 bulan.

Karena si Rio Pink ini sudah saya hibahkan ke istri, maka mau gak mau harus ganti aki yang sudah soak, maklum istri saya gak mau direpotkan dengan mengengkol, yang mana untuk menggunakan kick starter si Rio Pink ini harus di standard tengah dulu. Aki saya sebelumnya yaitu aki merek GS GTZ5S, kalo gak salah waktu itu belinya sekitar 130rb-an.




Padahal sebelumnya gak ada tanda-tanda kalo aki udah tamat riwayatnya, pagi harinya sempat saya bawa ke Malang, terus siangnya udah balik lagi. Nah waktu malemnya, ketika mau potong rambut, ternyata si Rio Pink ini udah gak bisa distarter, dan sudah jelas kalo penyakitnya emang aki nya yang sudah wassalam.

Setelah cari-cari info, ternyata aki yang sejenis dengan aki sebelumnya yaitu GS GTZ5S harganya sekitar 160rb, karena kondisi keuangan lagi konspirasi kemakmuran he..he..he... jadinya urung beli. Kebetulan, ketika saya mau isi nitrogen di Planet Ban, ternyata disitu ada promo tukar tambah aki, aki untuk si Rio Pink ini harganya 118rb dengan syarat aki yang lama di ambil oleh pihak Planet Ban, karena uang udah ada didompet, jadi deal aja deh, yang penting istri saya gak ngomel-ngomel lagi karena si Rio nya gak bisa di starter elektrik.




Untuk aki dari Planet Ban ini mereknya IndoBattery dengan type ITZ-5S-BS keluaran dari Indopart. Yang kata petugasnya bergaransi 3 bulan, dan harga aslinya 128rb, jadi aki saya yang lama dihargai 10rb. Tapi di struk tertera harga setelah tukar tambah adalah 107rb-an dan kena pajak, jadi totalnya 118rb. Semoga saja aki ini akan awet selamanya he..he..he.., maklum, karena merek aki yang umum kan GS dan Yuasa.

Ternyata aki IndoBattery ITZ-5S-BS ini gak langsung dipasang, tetapi di isi dulu dengan cairan elektrolit yang ada di paket bawaannya, tak kirain sih aki kering udah tinggal pasang aja kayak aki GS GTZ5S saya sebelumnya.


sumber gambar yang terakhir ini dari sini

8 comments:

  1. Saya KECEWA dengan AKI INDOBATTERY karena baru pakai 3 Bulan 8 Hari sdh SOAK & saya Claim tidak dilayani dengan baik, malah bahwa AKI tersebut garansinya hanya 2 Minggu, padahal saya beli di Planet Ban - Caman - Bekasi tgl 22 Feb. 2014 dan pada tgl 30 Mei 2014 AKI Soak.

    Demikian Testimoni dari saya yang kecewa.

    Ali Rusjdi (0811936645)

    ReplyDelete
  2. Kalo ane beli dulu, bilangnya garansi 3 bulan gan.
    Tapi alhamdulillah, selama kurang lebih 8 bulan pake indobattrey ini belum menemukan kendala. Semoga saja awet he.he..he...

    ReplyDelete
  3. Menurut aku, apapun yang berkaitan dengan elektronika selalu spekulatif termasuk aki. Kalau pas bejo ya bisa tahan lama tapi kalau pas apes bisa saja pagi dipasang sore sudah soak. Aku pernah beli aki buat NOUVO bisa bertahan 5 tahun padahal katanya umur aki maksimal 2 tahun...

    ReplyDelete
  4. tidak menutup kemungkinan bahawa aki bermerek, lantas jadi jaminan mutu awet seperti produk lainnya. karena proses pencampuran ( ngecor ) sel timah dengan material lainnya untuk tiap sell aki tidak akan sama homogenitasnya.
    dan itu sangat berpengaruh dengan mutu aki secara keseluruhan. pabrik aki memberikan garansi untuk sekian waktu, itu berdasarkan rata rata usia pakai aki. dan perlu diingat, aki adalah komponen mobil yang paling korosif. jadi pastikan toko tsb mudah memproses garansi battery.

    ReplyDelete
  5. untuk area banjarmasin - banjarbaru - martapura, ada tempat perawatan battery, harga sangat terjangkau hanya 30% dari harga baru. saya sudah 2 kali perawatan battery Vario WTF dengan battery yang sama sejak pembelian bulan april 2012. sekarang jarak tempuh vario WTF saya mencapai 51.622 km, dan saya belum pernah ganti battery.
    ditempat itu saya lihat juga banyak battery truck / alat berat 210 Ah, 150 Ah, 120 Ah, dan battery mobil 60 Ah yang sedang diservice.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimana tempat nya mas tempat perawatan aki nya..??? boleh minta alamat tempat perawatan aki nya lah ??

      Delete
  6. Sekedar info : Aki sekarang usianya kadang hanya sampai satu setengah tahun, salah satu penyebabnya adalah lampu yang selalu on pada siang hari..
    Nitip ifo tentang aki ya pak bro..
    cek aki anda di www.spesialisaki.com
    Sedia type yang langka dipasaran...

    ReplyDelete
  7. Ikutan share, alhamdulillah indobattery nempel di kudabesi ane udh 3 taon, dan g rewel...:D

    ReplyDelete