Memperbaiki Laptop Acer Aspire 4752z error EDIT WINDOWS BOOT OPTION di Windows 7

Kemarin malem ada yang datang ke rumah untuk menserviskan laptop ACER Aspire 4752z yang kata pemiliknya kalo di buat masuk windows loadingnya luamaaaa banget, terus ketika pertama kali dinyalakan muncul pesan Error, dan satu lagi katanya ada beberapa tombol yang tidak berfungsi. Untuk errornya seperti berikut:
Edit windows boot option for: windows
Path: \Windows\System32\Winload.exe
Partition: 2
Hard Disk: 2e676
[ /NOEXECUTE=OPTIN 
Setelah di cek sebentar, saya bisa sedikit menganalisa beberapa masalah yang terjadi di laptop ACER 4752z ini, diantaranya adalah:     







  1. Untuk masalah lambat nya booting ini disebabkan banyak file yang di load ketika laptop startup, biasanya hal ini di karenakan windows melakukan auto update. Windows yang di pakai laptop ini adalah windows 7 starter. Yang saya lakukan untuk mengatasi ini adalah restore backup windows ke beberapa hari sebelumnya. Hasilnya laptop bisa normal booting kembali. Kemudian saya sarankan ke pada pemilik laptop untuk mematikan saja autobackup windowsnya.
  2. Tombol keyboard yang beberapa tombolnya tidak berfungsi, diantaranya tombol Q W S X Z F2 U J M dll, kalo masalah ini sudah bisa dipastikan keyboardnya rusak, solusinya ganti keyboard yang harganya kurang lebih Rp.200.000 an kalo di Surabaya. Model keyboard Acer 4752z ini adalah MP-09G23U4-442. Model ini bisa diganti dengan Type Acer 4736 cuman yang type ini tidak ada bautnya, tetapi harga lebih murah, sekitar 150ribu-an.
  3. Masalah muncul error "Edit Windows Boot Option For: Windows" seperti keterangan error diatas, kalo yang masalah ini sejujurnya baru pertama menanganinya. Tetapi asusmsi saya adalah dikarenakan keyboard yang rusak, buktinya ketika keyboard saya lepas, error tersebut tidak muncul, sebaliknya kalo keyboard dipasang error muncul kembali. Jadi ini kemungkinannya ada hubungannya dengan keyboard yang rusak, bisa saja tombol F10 nya menekan terus sehingga muncul error tersebut. Setelah ganti keyboard masalah ini sudah terpecahkan.
Begitulah analisa saya yang memang tidak secara teknis, tetapi setidaknya masalah error  "Edit Windows Boot Option For: Windows" itu sudah bisa diselesaikan dan user yang punya laptop itu pun merasa laptopnya sudah normal kembali.

6 comments:

  1. saya dapat kasus yang sama gan, temen saya juga datang ngasih laptop sama persis tipe dan masalahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba saja keyboard laptopnya di lepas dulu gan, dan gunakan keyboard external, kalo error tersebut tidak muncul lagi, berarti emang masalahnya ada di keyboard.....
      kalo ternyata keyboard dilepas, tapi error tersebut masih muncul. coba install ulang aja windowsnya, siapa tahu berhasil,

      secara pribadi ane udah 2 kali mengalami masalah error tersebut...
      dua-duanya ganti keyboard, beres deh he..he..he....

      Delete
  2. kasusnya sama kaya laptop saya sekarang tuh .,
    kemungkinan kerusakan terjadi pada keyboard yaaa..



    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di kasus ane emang di keyboard gan
      coba aja lepas keyboard laptopnya
      kemudian gunakan keyboard usb
      kalo error tersebut tidak muncul, kemungkinan emang keyboardnya

      Delete
  3. Sangat membantu skali terima ksih..kami tunggu ilmu2 cemerlang anda

    ReplyDelete