Backpacking To Yogyakarta Day 3 : Candi Prambanan - Candi Istana Ratu Boko

Jumat 20 Maret 2015 merupakan hari ke tiga kami berada di Jogja. Lagi-lagi rencana perjalanan kami berubah dari itinerary yang saya buat sebelumnya. Pagi itu cuaca sedikit mendung sebenernya, bahkan sempat gerimis, tapi tidak menyurutkan kami untuk melanjutkan petualangan kami di kota Jogja.

Tujuan hari ketiga ini adalah ke Candi Prambanan (disebut juga candi Loro Jonggrang) dan ke Candi Ratu Boko dan kalo ada waktu dan gak capek, main sebentar ke plaza ambarrukmo. Berangkat dari kos-an sekitar jam 6.30, kami mampir dulu ke pom bensin untuk isi premium sebesar 20rb aja. Habis isi bensin, kami mencari tempat makan, kami mencari makan yang ada sayurnya kecuali sayur pecel, tetapi seperti sayur sop atau sayuran lainnya, karena dari hari pertama kami belum makan sayur-sayuran, terutama buat Aira dan Aurel.

Berdasarkan rekomendasi dari temen kos, warung yang jual nasi dan banyak pilihan sayurnya ada di warung Makan Rata Rata, masih di daerah Jl. godean. Jadi setelah dari pom bensin, kami langsung meluncur ke warung yang di maksud. Setelah naik motor sekitar 5 menit, akhirnya ketemu juga sama warung makan Rata Rata ini. Di warung ini, sistemnya prasmanan, saya ambil nasi sedikit, dengan lauk telor ceplok, sayur cecek, sayur sawi, dan tempe, untuk istri, ambil nasinya bauanyaakkkk, sampe 3 centong ha..ha..ha... maklum buat dimakan bertiga, plus sayur, plus sosis dan tempura, plus sambal terong, plus irisan tempe kecil-kecil, plus telor dadar, untuk minumnya 2 gelas teh hangat, semuanya habis 19rb, setelah membayar terlebih dahulu, baru deh kita makan :) Warung ini rekomendasi deh buat yang doyan makan sepuasnya.

Soal rasa makan di warung makan Rata Rata ini, cenderung mengambang ha..ha..ha... ga pedes, ga asin, sedikit hambar he..he..he... kami makan disini sekitar 20 menit, sambil nunggu gerimis reda, setelah gerimis reda, kami langsung cek out menuju candi Prambanan, tapi sebelumnya, bayar parkir dulu ya 1rb aja.

Pagi itu cuaca, sedikit mendung, bagi kami ini bagus, karena selama perjalanan ke Candi Prambanan tidak akan panas, jalanan ke arah candi prambanan sangat lancar. Tapi sepanjang perjalanan banyak polisi dan anggota TNI yang berjaga, saya ga ngerti ada apaan, asumsi saya sih, mungkin akan ada pejabat yang lewat.

Setelah sekitar 45 menit perjalanan, akhirnya kami sampai juga di area candi Prambanan. Di area candi prambanan, banyak polisi dan anggota tni juga yang berjaga, Ternyata hari itu, Pak Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara datang, hadir dalam acara upacara menyambut hari raya Nyepi 2015 dan mengikuti upacara Tawur Agung Kesanga menyambut Hari Raya Nyepi. Pantesan banyak polisi dan anggota TNI lagi berjaga.

Kami langsung saja parkir motor, dan langsung bayar 3rb. Habis itu langsung menuju loket tiket, kami di tanya dulu sama mas-mas yang berdiri di luar loket, mau ke prambanan aja atau yang paket prambanan plus candi boko, di jelasin beda nya apa, walaupun saya udah tau dari internet, saya dengerin aja di ngomong tentang dua paket itu. Akhirnya saya beli tiket yang terusan, untuk Candi Prambanan dan candi Ratu Boko. Harga tiket terusannya 45rb untuk dewasa dan 20rb untuk anak-anak, saya beli 2 tiket dewasa dan 2 tiket anak-anak, semuanya habis 130rb.

Ketika kami sudah masuk ke area candi Prambanan, kami bingung, mau kemana dulu, ke Candi Prambanan dulu atau ke Candi Ratu Boko dulu. Setelah melihat keadaan sekeliling candi Prambanan yang masih sepi, dan cuaca agak mendung, kami putuskan ke Candi Prambanan dulu, biar ga panas. Dengan cuaca yang sedikit mendung dan hijaunya taman sekitar candi Prambanan, pagi itu terasa sangat segar.

Kami berempat berusaha mengeksplore keindahan candi Prambanan. Saya bener-bener takjub dengan keindahan candi Prambanan. Padahal masih belum masuk candinya, masih melihat di luar pagar, dari kejauhan aja sudah terlihat megah, apalagi kalo dilihat dari dekat. 30 menit berikutnya, kami langsung masuk ke dalam candi Prambanan, saat itu kondisi sudah lumayan ramai dengan datangnya anak-anak peserta study tour, entah dari sekolahan mana.

Di pinggir candi prambanan, ada pengerjaan panggung yang sangat besar, katanya sih buat acara ulang tahunnya ANTV hari minggu malamnya.

Setelah memasuki area candi, yang saya masuki pertama adalah candi Siwa, candi yang menurut saya paling besar diantara candi yang lain. Secara struktur bangunan, menurut saya, candi prambanan lebih indah daripada candi borobudur. Kami pun berusaha naik setingkat demi setingkat. Di tingkat paling atas, ada satu ruangan, berdiri sebuah patung besar, menurut penjaganya, itu adalah patung Dewa Siwa.

Sudah puas mengeksplor candi Siwa, kamipun turun dan berusaha mengeksplor candi lainnya, berhubung cuaca tiba-tiba sangat panas, kami urungkan niat memasuki candi lainnya. Disalah satu candi, dibagian atas, saya melihat ada anggota TNI, sambil cangkruk'an dan rokok'an :) , awalnya, saya kaget, kurang ajar banget, duduk diatas candi sama rokok'an, tapi setelah saya lihat lebih teliti, ternyata ada senjata laras panjang, mungkin anggota TNI itu sniper yang bertugas mengamankan si bapak Presiden.

Disisi luar candi, di ujung jalan keluar ada taman bermain buat anak-anak, awalnya, anak-anak pengen naik sepur kelinci seperti di borobudur kemarin, saya lihat, harga tiket juga sama Rp. 7.500,- per orang, diliat dari peta, jarak tempuhnya lumayan jauh, mungkin tour ke beberapa candi di sekitar candi prambanan, seperti candi lumbung, candi bubrah dan candi sewu.

Akhirnya anak-anak hanya bermain ayunan di taman bermain itu, lumayan lama, sampai akhirnya anak-anak pengen naik kereta api mini, waktu itu, kondisi tamannya sepi banget, jadi di kereta mini itu yang naik hanya Aira dan Aurel saja, dengan harga tiketnya 3rb per orang. Setelah puas di taman bermain, kami berencana ke Candi Istana Ratu Boko, Sebelum sampai di shuttle mini bus yang akan mengantar kami ke candi istana ratu boko, Aira haus, dan minta beli air mineral. Disepanjang jalan yang kami lalui itu hanya ada satu tempat yang jualan, kalo ga salah kayak restoran gitu tapi ada mini store di depannya, Harga minumannya mahal banget, untuk aqua 600ml di jual 8rb. Pada akhirnya aira milih jus orange minute maid dengan harga 10rb, padahal di luar harganya ga sampai 5rb. Disebelah restoran itu, ada kandang rusanya, ada banyak rusa, Aira dan Aurel seneng banget disitu, sambil kasih makan rusanya, kami istirahat sejenak.

Cuaca kembali mendung, waktu menunjukkan jam 11 siang, kami pun meninggalkan kandang rusa ini, dan berjalan pelan ke tempat shuttle mini bus, beberapa menit kemudian, kami sudah sampai tempat tunggu shuttle mini bus, ternyata tutup sebentar dari jam 11:30 sampai jam 13:00 karena sopirnya istirahat sholat Jumat. 10 Menit kemudian, karena banyak yang nunggu, akhirnya, sopir yang mungkin tidak sholat jumat, menyuruh kami naik ke mobil, mungkin juga karena yang nunggu banyak, jadi si sopir memutuskan untuk memberangkatkan pengunjung candi ratu boko.

Perjalanan ke candi ratu boko, memakan waktu sekitar 15 menit kalo ga salah, rutenya melalui pegunungan, karena lokasi candi ratu boko memang diatas pegunungan, kondi jalan yang dilalui tidak terlalu lebar dan jalannya sedikit rusak.

Untuk foto dan lanjutan ceritanya, nanti lagi ya.... masih repot nih di RL, banyak kerjaan ha..ha..ha...
FR nya sampai hari ke 5

LANJUTANNYA YA.....
>> Backpacking To Yogyakarta : Persiapan Perjalanan
>> Day 1 : Tugu - Malioboro - Alun Alun Kidul
>> Day 2 : Candi Mendut - Candi Borobudur - Taman Pelangi (Taman Lampion - Monumen Jogja Kembali)
>> Day 3 : Candi Prambanan - Candi Istana Ratu Boko
>> Day 4 : Pasar Beringharjo - Benteng Vredeburg - Taman Pintar - Pasar Sore Malioboro - Titik Nol Jogja - Pusat Oleh Oleh Bakpia Jalan KS Tubun